Bupati Kendal, dr Mirna Annisa, M.Si., sedang memberikan sambutan.(FOTO:SB/Agung)

KENDAL (SUARABARU.ID) – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Kendal, Kamis (12/11/2019) meluncurkan dan menyosialisasikan aplikasi Sistem Integrasi Aduan Pamong Praja (SIAPP), di Pendopo Bahurekso Kabupaten Kendal.

Hadir dalam acara ini Bupati Kendal dr. Mirna, Annisa, M.Si., Sekda Kendal, H. Moh Toha, S.T., M.Si., para camat beserta Forkopimcam dan Kepala Desa se- Kabupaten Kendal.

Kepala Satpol PP Kendal, Toni Wibowo, mengatakan, tujuan dilakukannya sosialisasi applikasi SIAPP ini, untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat agar bisa melaporkan atau mengadukan apapun yang berhubungan dengan ketertiban umum dan ketrentraman masyarakat.

“Cara untuk menggunakan aplikasi ini, masyarakat tinggal mengunduh saja lewat aplikasi Play Store yang ada di HP Android. Setalah itu, ikuti panduan cara menggunakannya,”kata Toni Wibowo.

Menurut Toni Wibowo, di dalam aplikasi tersebut, diketahui titik yang terlaporkan karena berbasis GPS. “Saat masyarakat melaporkan data yang valid, dengan mencantumkan foto dan tempat kejadian, akan mendapatkan laporan pertanggungjawaban saat kami menjalankan tugas,” ujar Toni Wibowo.

Bupati Kendal, dr Mirna Annisa, M.Si., memberikan apresiasi kepada Satpol PP dan Damkar yang telah mempunyai inisiatif membuat aplikasi yang dapat mempermudah masyarakat dalam melaporkan urusan gangguan ketertiban dan ketentraman masyarakat.

“Saya apresiasi atas kerja keras yang dilakukan oleh Satpol PP dan Damkar ini. Maka dari itu kita semua harus memastikan bagaimana informasi ini sampai ke RT/RW, sehingga mereka juga bisa mendowndloadnya,” ujar Bupati Kendal, Mirna Annisa.

Menurut Mirna Annisa, budaya saling menghargai dan menghormati bukan hanya menegur atau menyapa saat bertemu, namun budaya saling menghormati terletak pada kejujuran terhadap diri sendiri.

Bupati minta, Kades, Camat beserta seluruh jajaranya tidak usah takut kalau dilapori, karena aplikasi ini hadir sebagai komitmen Satpol PP dan Damkar untuk memudahkan masyarakat, dan lebih bermanfaat untuk masyarakat.

“Aplikasi ini sebagai bukti konkret, semuanya inginkan kemajuan. Tolong sampaikan kepada masyarakat Kendal, bahwa saat ini Kabupaten Kendal berusaha untuk memasukan teknologi dalam memberikan informasi apa pun,” pinta Bupati Kendal Mirna Annisa.

Agung-trs