blank
Ansu Fati/dok

MILAN (SUARABARU.ID) – Ansu Fati mencetak gol kemenangan Barcelona atas Inter Milan 2-1. Penyerang belia Barca itu mengukir sejarah sebagai pencetak gol termuda di Liga Champions. Fati masuk sebagai pemain pengganti ketika La Blaugrana bertandang ke Giuseppe Meazza dalam laga keenam Grup F, Rabu (11/12) dini hari WIB.

Dia menggantikan Carles Perez pada menit ke-85 saat kedudukan masih 1-1. Winger ini langsung menciptakan dampak instan dengan menciptakan gol kedua pada menit ke-86. Melalui kerja sama satu-dua dengan Luis Suarez, Fati melepaskan tembakan terarah tanpa bisa dijangkau kiper Samir Handanovic.

Fati resmi menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Champions. Dia membobol gawang Nerazzurri pada usia 17 tahun dan 40 hari sekaligus memecahkan rekor termuda sebelumnya atas nama Peter Ofori-Quye saat mencetak satu gol Olympiakos di markas Rosenborg pada 1997. Kala itu Ofori-Quaye berusia 17 tahun 195 hari.

Kemenangan ini membuat Los Cules melengkapi statusnya sebagai juara Grup F tanpa terkalahkan. Juara Spanyol ini mengoleksi 14 poin. Dua pencetak gol Barca, Perez dan Fati, sama-sama didikan La Masia. “Ansu dan aku adalah contoh untuk La Masia kalau Anda berpikir bisa berada di skuad utama. Barca memercayai orang-orang dari akademi, dan itu yang terpenting,” ungkap Perez. (rr)