blank
JUMPA PERS: Relawan pendukung Gibran Rakabuming Raka menyampaikan rencana kegiatan pendaftaran ke DPD PDIP Jateng, saat jumpa pers di Solo, Rabu (11/12).(suarabaru.id/lbc)

SOLO (SUARABARU.ID) – Sedikitnya seribu relawan akan mengawal Gibran Rakabuming Raka saat mendaftar sebagai calon wali kota di Pilwakot Surakarta 2020 lewat DPD PDIP Jawa Tengah, Kamis (12/12).

Saat di DPD PDIP Jawa Tengah, putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut akan disambut kesenian tarian Topeng Hitam, Barongsai, dan angklung oleh relawan dari warga Solo yang tinggal di Semarang.

Keterangan tersebut disampaikan koordinator kegiatan, Kuat Hermawan Santoso, dalam jumpa pers di Solo menjelang keberangkatan Gibran ke Semarang, Rabu (11/12).

“Kami berkumpul di Gedung Graha Saba Buana, tepat pukul 08.30 WIB. Pemberangkatan dari Solo ke Semarang menggunakan 20 unit bus yang disediakan Gibran. Sebelum berangkat, Gibran akan memberikan sambutan terlebih dulu,” terang Kuat.

BACA JUGA: Kagege Siap Kawal Gibran Daftar ke DPD PDIP Jateng

Dia menjelaskan rombongan 20 bus nantinya akan lewat jalan tol Solo-Semarang. Setibanya di Kantor DPD PDIP Jawa Tengah diperkirakan pukul 10.30 WIB, Gibran akan disambut kesenian tarian Topeng Hitam, Barongsai, dan angklung oleh relawan dari Semarang. Gibran berangkat dan pulang ikut rombongan bersama-sama relawan.

“Ini bukti nyata kami (relawan-red), bahwa mas Gibran didukung‎ oleh berbagai elemen masyarakat Solo,” sambung Kuat.

Ditambahkan, sejatinya terdapat lebih dari 2.500 orang yang menyatakan diri ingin bergabung dengan rombongan. Namun, lantaran berbagai pertimbangan, rombongan hanya dibatasi‎ maksimal 20 bus.

Seribuan orang yang akan ke Semarang berasal dari 42 organ relawan pendukung Gibran di Pilwakot Surakarta. Relawan yang ikut mengawal ke Semarang, di antaranya Kancane Gibran Gess (Kagege), Jaringan Kemandirian Nasional (JKN), JKC 4 G, Macan Lawu, Srikandi Nusantara, Solo Mogel, dan lainnya.

“Panitia hanya menyediakan 20 bus saja sehingga tidak bisa ikut semua dalam rombongan. Kalau ada warga Solo lainnya mau berangkat menggunakan kendaraan pribadi saya tidak melarangnya,” kata dia.

Selama di DPD PDI Jawa Tengah, Gibran mengambil formulir mendaftar sebagai cawali. Formulir pendaftaran langsung diisi serta langsung dikembambalikan ke DPD PDIP Jawa Tengah.

“Syarat-syarat pendaftaran seperti KTA (kartu tanda anggota) PDIP sudah disiapkan. Visi dan misi dalam bentuk tertulis juga juga telah disiapkan,” kata dia.

LBC