blank
Bupati Grobogan, Sri Sumarni, menerima penghargaan kategori Pelayanan Publik yang Berkeadilan, Selasa (10/12). Penghargaan ini diserahkan langsung Dirjen HAM, Kemenhum dan HAM RI, Mualimin Abadi. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Menjelang akhir tahun, Pemerintah Kabupaten Grobogan diganjar berbagai macam penghargaan. Baru-baru ini, Bupati Grobogan, Sri Sumarni mendapatkan penghargaan kategori Kabupaten Peduli HAM.

Penghargaan tersebut diberikan bertepatan dengan Hari Hak Asasi Manusia se Dunia ke-71 Tahun di Bandung, Selasa (10/12). Penghargaan tersebut diserahkan Dirjen HAM, Kemenkumham RI, Dr Mualimin Abdi.

Menurut Kabag Humas Setda Grobogan, Teguh Harjokusumo, Pemkab Grobogan memenuhi pelayanan yang berkeadilan dengan mempedulikan HAM. Hal ini sudah memenuhi kriteria penilaian. Kriteria tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM.

“Kriteria tersebut meliputi 7 hak, antara lain pendidikan, kesehatan, pekerjaan, perempuan dan anak, kependudukan, lingkungan yang berkelanjutan dan perumahan yang layak,” papar Teguh, saat dikonfirmasi.

Menurut Teguh, adanya penghargaan ini Bupati Grobogan, Sri Sumarni, mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kerjasaman seluruh jajaran dan masyarakat Kabupaten Grobogan dalam mempertahankan prinsip peduli HAM dalam pelayanan publik.

Dengan penghargaan ini, ke depan Pemerintah Kabupaten Grobogan bisa semakin lebih baik. Terutama berkaitan dengan HAM. “Semoga dengan penghargaan ini, pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Grobogan juga semakin lebih baik. Dengan demikian, prestasi seperti ini dapat terus dipertahankan untuk memberikan pelayanan publik dengan mempedulikan sisi HAM,” pungkas Teguh.

Hana Eswe-trs