blank
Sungai Wangan Aji Kalianget Wonosobo, tempat di mana seorang bocah tenggelam dan meninggal di tempat kejadian. Foto : SuaraBaru.id/dok BPBD

WONOSOBO (SUARABARU.ID) – Ini peringatan bagi orang tua untuk tidak membiarkan anaknya bermain bebas di sungai yang berair deras dan dalam di musim hujan. Sebab, jika tidak hati-hati dan belum bisa berenang, bisa berakibat fatal.

Salah satunya dialami MSF (10), siswa kelas IV sebuah SD Negeri di pinggiran kota Wonosobo. Ketika tengah bermain di Sungai Wangan Aji Kalianget Wonosobo yang beraliran air deras dan dalam, Rabu (11/12), korban tenggelam dan meninggal di tempat kejadian.

Kepala BPBD Wonosobo Zulfa Akhsan Alim Kurniawan, kepada SUARABARU.ID, mengatakan musibah tersebut terjadi sekitar pukul 10.40 WIB di kedung Sungai Wangan Aji Kalianget.

Saat musim hujan air sungai mengalir deras dan kedung cukup dalam.

“Diduga korban tidak bisa berenang ketika bermain di kedung yang dalam. Korban tenggelam sehingga menghembuskan nafas terakhir. Saat kejadian lokasi dalam keadaan sepi sehingga tidak banyak yang tahu musibah yang terjadi,” katanya.

Sepulang sekolah, imbuhnya, korban bersama teman-temannya bermaksud mandi dan bermain di Sungai Wangan Aji. Di kedung berkedalaman sekitar 1,5 meter, korban tenggelam dan nyawanya tidak terselamatkan dan meninggal dunia seketika.

Murni Kecelakaan

blank
Korban tenggelam di Sungai Wangan Aji ketika tengah diperiksa tim medis di Puskesmas Kalianget Wonosobo. Foto : SuaraBaru.id/dok BPDB

Warga baru tahu kalau korban tenggelam ketika teman-temannya yang sama-sama bermain di sungai memberi tahu warga. Warga pun segera memberikan pertolongan namun nyawa bocah sudah tidak bisa tertolong lagi. Saat diangkat dari sungai tubuh korban sudah lemas.

Korban lalu dilarikan ke Puskesmas Kalianget untuk dilakukan pemeriksaan medis.

Berdasarkan keterangan petugas medis, korban meninggal murni kecelakaan tenggelam di sungai dan tidak ada tanda-tanda kematian karena faktor lain.

Setelah diperiksa petugas medis Puskesmas Kalianget dan aparat kepolisian Polsek Wonosobo, korban langsung diserahkan kepada pihak keluarga. Orang tua korban sangat kaget dan tak mengira korban yang berangkat bermain sehat, pulang sudah meninggal.

Zulfa menyebut saat ini curah hujan cukup tinggi. Acaman banjir dan longsor bisa sewaktu-waktu mengancam karena volume air sungai bisa meningkat tajam. Warga diminta tetap waspada dan siaga. Anak-anak agar tidak bermain di sungai saat hujan.

“Saya menghimbau kepada orang tua yang punya anak kecil  untuk bisa mengawasi ketika anak bermain di luar rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi di musim hujan kali ini, bermain di sungai sangat membahayakan bagi anak,” paparnya.

Muharno Zarka-Wahyu