blank
Anggota Babinsa dari Koramil Mojotengah ketika tengah melakukan penilaian di salah satu Poskampling di Kelurahan Andongsili. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID– Babinsa Koramil Mojotengah Kodim 0707 Wonosobo menggelar lomba Pos Keamanan Lingkungan (Poskampling) antar Rukun Tangga (RT) se-Kelurahan Andongsili Kecamatan Mojotengah Wonosobo.

Lomba Poskampling antar RT ini digelar dalam rangka menjaga keamanan lingkungan dan memicu semangat warga melakukan ronda malam sebagai antisipasi terhadap ancaman serta gangguan Keamanan dan Ketertiban di Masyarakat (Kamtibmas).

“Masalah keamanan lingkungan tidak hanya menjadi tanggungjawab aparat keamanan saja tapi juga tanggungjawab masyarakat. Aparat keamanan dan masyarakat bisa bersinergi dengan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas ,” katanya.

Babinsa Koramil Mojotengah Sersan Hananto, Selasa (10/12), mengatakan aspek penilaian lomba Poskamling antar RT di Andongsili meliputi tempat Poskamling, sarana komunikasi, call center, alat kelengkapan ronda dan inovasi atau kebersamaan antar warga.

“Lomba Poskampling diikuti 22 RT yang berasal dari 4 dusun yakni Andongsili, Karangsari, Panggrungan dan Perumahan Andongsili Asri. Penilaian lain meliputi keaktifan masyarakat dalam pelaksanaan ronda malam dan Siskamling,” katanya.

Pamswakarsa

blank
Warga Perum Andongsili yang tengah melakukan ronda malam foto bersama dengan tim penilai lomba Poskampling dari Babinsa Koramil Mojotengah. Foto : SuaraBaru.id/Muharno

Menurut Sersan Hananto, Poskampling merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berasaskan budaya keguyuban dan kegotong-royongan. Di setiap dusun maupun lingkungan perumahan perlu dilestarikan dan ditumbuhkembangkan budaya ronda malam.

“Melalui ronda malam di Poskampling warga diajak meningkatkan keamanan sehingga suasana Kamtibmas tetap terkendali. Ini merupakan potensi pengamanan Pamswakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan ke depan,” cetusnya.

Kegiatan tersebut, imbuhnya, merupakan suatu bentuk kepedulian warga guna menggugah kembali semangat kebersamaan dan tanggung jawab di lingkungan masyarakat. Kegiatan

Pamswakarsa bisa menciptakan situasi aman, nyaman dan tentram lingkungan.

Babinkamtibmas Polsek Mojotengah Bripka Johan menambahkan aparat kepolisian memberikan motivasi dan semangat kepada warga agar mengaktifkan kembali kegiatan Siskamling di tengah masyarakat sebagai langkah antispiasi terhadap ancaman gangguan Kamtibmas.

Kepala Kelurahan Andongsili Sukardiana mengapresiasi gagasan Babinsa Koramil dan Babinkamtibmas Polsek Mojotengah menggelar lomba Poskamling. Lomba Poskampling ini dapat memicu masyarakat untuk menghidupkan kembali budaya ronda malam.

Adapun keluar sebagai juara 1-3 lomba Poskamling Kelurahan Andongsili adalah RT 03, RT 07 dan RT 04.  Paraih juara berhak mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan.

Pemenang lomba Poskampling merupakan penampil terbaik dari kreteria penilaian yang ada.

Muharno Zarka-Wahyu