blank
Bripda Dian, anggota polwan dari Satlantas Polres Grobogan saat memberikan sosialisasi tertib berlalu lintas kepada para abang becak di Jalan Jenderal Sudirman, Purwodadi, Senin (9/12). Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Bripda Dian, anggota Polwan Satlantas Polres Grobogan mengadakan silaturahmi kepada para tukang becak yang mangkal di sekitar jalan Jenderal Sudirman, Purwodadi, Senin (9/12).

Selain mengadakan silaturahmi, Bripda Dian yang dibantu dengan rekan-rekannya juga memberikan imbauan untuk seluruh abang becak. Yakni, arahan untuk mentaati peraturan dan tata tertib berlalu lintas yang baik dan benar.

Imbauan tersebut disampaikan dengan menerapkan prinsip kesantunan dan humanisme seorang polisi. Hal itu dilakukan supaya para tukang becak ini cepat memahami maksud dari arahan yang disampaikannya tersebut.

blank
Para abang becak menunjukkan stiker dan pin dari petugas usai sosialisasi tersebut.

“Bapak-bapak semua, kami dari Satlantas Polres Grobogan mengimbau agar selalu mengutamakan keselataman serta berbagi jalan dengan pengguna jalan yang lain. Dilarang melawan arus lalu lintas, dilarang menaikan dan menurunkan penumpang di bahu jalan, dan memarkirkan becaknya dengan rapi,” ujar Bripda Dian.

Menurut Bripda Dian, imbauan yang disampaikannya ini bertujuan untuk menanamkan budaya disiplin berlalu lintas sebagai kebutuhan. Di samping itu, arahan ini difungsikan sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas terhadap pengemudi atau tukang becak, sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan di jalan.

Arahan yang disampaikan Bripda Dian kepada para abang becak ini ditanggapi positif Kasat Lantas Polres Grobogan, AKP Yogi. Menurut dia, sosialisasi tertib berlalu lintas sangat penting. Terlebih dilakukan kepada para pengemudi becak yang mangkal di setiap sudut kota Purwodadi.

“Sosialisasi tertib berlalu bertujuan untuk membentuk dan meningkatkan kualitas masyarakat juga memahami serta mengenal aturan tata tertib berlalu lintas, “ungkap AKP Yogi.

Hana Eswe- wahyu