blank
Sekda Kota Magelang Joko Budiyono meninjau pembangunan jalan menuju tempat penampungan sampah terpadu (TPST) ukuran besar di Kampung Bojong, Kelurahan Jurangombo Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, (Humas Pemkot Magelang)

blankMAGELANG (SUARABARU.ID) – Sekda Kota Magelang Joko Budiyono didampingi sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) meninjau berbagai proyek pembangunan menjelang tutup anggaran 2019.

Dia meminta para kontraktor melakukan percepatan pembangunan.

‘’Secara umum progres pembangunan fisik berjalan dengan baik. Tapi rekanan juga harus memperhatikan batas akhir kontrak pekerjaan dan kualitas pekerjaannya,’’ kata Joko saat meninjau berbagai proyek pembangunan, Kamis (5/12).

Lokasi proyek yang ditinjau antara lain pengembangan objek pariwisata unggulan (pembangunan rest area Gunung Tidar), penyiapan jalan menuju TPST (Jurangombo), fisik pembangunan Kantor Disporapar, dan fisik pembangunan Gedung Wanita (Jalan Veteran).

Berikutnya fisik pembangunan kolam renang tahap 6 (Gelora Sanden), peningkatan jalan di Jalan Kalimas dari Dana Alokasi Khusus (DAK), gudang aspal DPU-PR, dan TPA Kota Magelang di Banyuurip, Tegalrejo. Kabupaten Magelang.

Joko menegaskan, penting bagi kontraktor untuk segera menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Terutama beberapa proyek yang pengerjaannya masih di bawah 86 persen.

‘’Kalau perlu tambah jam pengerjaan, tambah tenaga untuk lembur. Intinya harus selesai sebelum batas waktu,’’ tegasnya.

Mantan Kepala Disperindag Kota Magelang itu mengatakan, kunjungan ini juga untuk mengetahui pekerjaan mana saja yang sesuai tahapan maupun yang belum maksimal.

Joko meminta agar tidak ada satupun pekerjaan yang terlambat, hingga batas waktu 20 Desember 2019.

‘’Setelah kita cek, ternyata semuanya sudah sesuai progres di atas 86 persen. Bahkan dua pekerjaan antara lain, pengembangan objek pariwisata unggulan dan peningkatan jalan dari DAK sudah tuntas 100 persen,’’ ujarnya.

Dia juga meminta kepada kepala OPD selaku pengguna anggaran, supaya memerintahkan pejabat pembuat komitmen (PPKom) tetap melakukan perhatian intensif. Ini untuk menghindari para kontraktor terlena di akhir-akhir pengerjaan.

‘’Secara administrasi, tugas kita memang mengingatkan para pelaksana pekerjaan. Selain pekerjaan fisik yang harus sesuai progres, administrasi juga harus tertib,’’ tuturnya

Kepala Bagian Pembangunan Setda Kota Magelang, Bowo Adrianto menjelaskan,  secara keseluruhan progres pembangunan sesuai dengan rencana.

Diprediksi semua pekerjaan fisik di tahun 2019 akan selesai tepat waktu.

‘’Masih ada beberapa hari ke depan, dan pekerjaan sudah di atas 86 persen semua. Tapi juga jangan disepelekan mengingat sekarang sudah memasuki musim penghujan,’’ ungkapnya. (hms)

Editor : Doddy Ardjono