Bagikan
MURAL JOKOWI: Mural bergambar Presiden Jokowi berada di Kampung Kestalan RT 02/RW 04, Kestalan, Banjarsari, yang merupakan selter pusat cat dan air brush di Kota Solo. (suarabaru.id/lbc)

SOLO, SUARABARU.ID – Kampung Kestalan pada mulanya identik dengan suasana kumuh, tak tertata, dan tidak sedap dipandang mata. Namun, Pemkot Surakarta berkomitmen mengubah Kampung Kestalan yang merupakan selter pusat cat dan air brush di Kota Solo, agar lebih menarik dan indah dipandang mata.

Melalui Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Surakarta, daerah tersebut dibangun 45 selter Kestalan di Kampung Kestalan RT 02/RW 04, Kestalan, Banjarsari. Untuk mempercantik, Dinas Perdagangan membuat lomba ,mural bertema nasionalisme dan kearifan lokal. Pintu-pintu rolling door digambar satu per satu sesuai dengan tema yang dilombakan.

Mural bertema kearifan lokal dapat dilihat dengan mural wajah punokawan, barongan Bali, kuda lumping, Keraton Surakarta dan lainnya. Selain itu, juga ada mural Garuda, Ganjar Pranowo, Presiden Jokowi, dan Wali Kota/Wakil Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo berseragam ASN dengan tangan kanan salam metal, bersama Achmad Purnomo dengan tangan dua.

RUDY DAN PURNOMO: Lukisan mural Wali Kota Surakarta, FX Hadi Riudyatmo dan Wakil Wali Kota Surakarta, Achmad Purnomo tengah diselesaikan di Kmapung Kestalan. (suarabaru.id/lbc)

Lurah Kestalan, Suyono mengatakan, dengan perubahan wajah gang cat dan air brush Kestalan ini bisa menampilkan sesuatu yang baru dan berdaya pikat bagi wisatawan lokal untuk berfoto ria di lokasi.

“Wajah sudah terlihat berubah. Saya optimistis tampilan wajah baru selter bisa memaksimalkan potensi wisata lokal,” ucap Suyono.

Dia mengakui, awalnya selter Kestalan sangat kumuh dan tidak tertata. Bahkan saat Wali Kota Surakarta, FX Hadi Ruyatmo berkunjung ke kampong tersebut memberikan kritikan terkait kumuhnya lokasi.

“Dengan bantuan Wali Kota Solo, Selter Kestalan yang dulu bangunannya dari seng dirobohkan. Selter Kestalan dibangun ulang mirip seperti ruko dengan dilengkapi pintu rolling door dan bertambah cantik,” pungkas dia.

Suarabaru.id/LBC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here