blank
Sejumlah rumah di wilayah Kabupaten Temanggung mengalami kerusakan, setelah diterjang angin kencang yang disertai hujan es. Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (2/12) sore hari. Foto: BPBD Temanggung/ Suarabaru.Id

TEMANGGUNG-  Sejumlah rumah di wilayah Kabupaten Temanggung mengalami kerusakan, setelah diterjang angin kencang yang disertai hujan es. Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (2/12) sore hari.

“Rumah yang rusak diterjang angin kencang  tercatat  dua   di Dusun Gedegan, Desa Gedegan, Kecamatan Tlogomulyo dan empat  rumah  di Kelurahan Madureso, Kecamatan Temanggung,” kata  Pelaksana tugas ( Plt) Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah  Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi.

Gito mengatakan  dua rumah yang mengalami kerusakan di Dusun Gedegan yakni milik Tonah (60) dan Rohmat ( 39). Sedangkan empat rumah yang juga mengalami kerusakan di Kelurahan Madureso yakni milik Srenti, Ronjaunah, Eko Galih dan  Kiryoto.

Menurutnya, kejadian angin kencang tersebut terjadi di wilayah Kecamatan Tlogomulyo, sedangkan di Kelurahan Madureso, selain angin kencang yang mengakibatkan beberapa pohon tumbang atau dahan patah juga disertai dengan hujan es.

“Angin kencang yang mengakibatkan beberapa pohon tumbang atau dahan patah,  terjadi di jalan lingkar selatan Temanggung dari  perempatan terminal  arah Pikatan,” katanya.

Ia menambahkan, dari pengakuan warga sekitar,  sebelum terjadi fenomena hujan es di  sekitar Kelurahan Madureso hanya terjadi hujan biasa. Namun beberapa menit sempat ada suara agak keras di atas genteng, ternyata ada butiran es.
“Awalnya hujan turun biasa-biasa saja, namun tiba-tiba terdengar suara benda keras yang berjatuhan di atas genteng. Setelah saya cek keluar ternyata ada butiran es kecil-kecil,” katanya.

Usai hujan reda, BPBD Temanggung dibantu masyarakat, TNI dan Polri langsung bergotong royong dahan pohon yang menutup jalan agar tidak mengganggu lalu lintas.

Suarabaru. Id/ Yon