blank
Para offroader bersiap mengikuti Kebumen One Day Enduro 4 sejauh 120 Km yang dilepas Bupati Kebumen Yazid Mahfudz dari Alun-alun Karanganyar, Minggu 1/12.(Foto:Suarabaru.id/Ist)

KEBUMEN –  Sebanyak 3.300 offroader dari berbagai daerah meramaikan even offroader roda dua Kebumen One Day Enduro yang keempat (KODE #4), Minggu, 1 Desember 2019. Bahkan kegiatan tersebut juga dimeriahkan offroader dari Perancis.

Ajang jelajah motor trail itu dilepas Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz didampingi Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan dari Alun-alun Kota Karanganyar, Kebumen. Acara dihadiri  Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Kebumen Azam Fatoni.

Bupati Yazid Mahfudz menilai, KODE#4 kali ini lebih istimewa. Sebab ajang tersebut sekaligus untuk mendukung Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong (GNKK) sebagai Geopark Global UNESCO.”Kita terus berusaha melalui berbagai kegiatan agar GNKK semakin populer dan dikenal. Termasuk dengan melalui KODE# 4 ini,”tandas Bupati usai melepas para offroader.

Menurut Bupati, pengembangan GNKK harus dilakukan secara kolaborasi dan sinergi dengan banyak pihak. Baik Pemerintah, LIPI, Perhutani, swasta dan banyak lagi, termasuk Pemerintah Prorivinsi Jateng. KODE #4 ini menjadi salah satu terobosan. Selain sebagai ajang adventure, kegiatan motor trail itu juga untuk memberikan hiburan bagi masyarakat Kebumen.

Ketua Panitia KODE #4 Rahmad Hidayat mengungkapkan, pada jalur KODE # 4 ini 60 persen jalur baru dan 40 persen jalur KODE#3. Bedanya, panitia kali ini telah menyiapkan ratusan tanjakan yang menantang bagi para offroader. Bagi mereka yang mampu melewati tanjakan secara sempurna disediakan hadiah dengan jumlah total Rp10 juta.

Rahmad menambahkan, jalur KODE#4 kali ini total sejauh  120 kilometer dengan medan pegunungan dan ratusan tanjakan. Jalur tersebut sudah dicoba bersama IOF Jateng dengan estimasi waktu sekitar empat jam. Jalur itu dibuat sejak tiga bulan lalu.

Ajang trabas dengah motor trail berskala nasional di Kebumen itu antara lain melewati desa-desa dataran tinggi di Kecamatan Karangganyar, Karanggayam, Sempor dan Gombong Kabupaten Kebumen, diselenggarakan oleh Trail Adenture Community Kebumen (Track) yang dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori privat trip dan reguler. Untuk privat trip sudah dilaksanakan pada Sabtu (30/11) diikuti sekitar 500 peserta. Hadiah utamanya satu unit mobil, ditambah tiga unit motor trail dan 20 unit  motor matic.

Suarabaru.id/Komper Wardopo