blank
Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP, menyerahkan penghargaan Juara I Lomba Krenova Vita Zubaidah. Foto:SB/Tuhu

MUNTILAN –  Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP, Rabu (27/11), memberi penghargaan dan hadiah kepada warganya yang kreatif bisa menghasilkan produk inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Adapun Juara I Lomba Krenova 2019, Vita Zubaidah (pembuatan ozonizer untuk sterilisasi produk hasil pertanian), II Priyo Nugroho (menjangkau pariwisata dunia melalui platform plesiran), III Khabib Anwari (optimalisasi pemuda desa dalam kehidupan bermasyarakat untuk Indonesia Berdaya).

Sedangkan, Juara Harapan I Absari Hanifah (aplikasi media pembelajaran berbasis augmented bagi anak), Harapan II Hartoto (alat sprayer menggunakan tenaga matahari), Harapan III Slamet Sunarna (perbanyakan tanaman gabungan jaringan akar Ganja).

Menurut Kepala Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang, Drs Sugiyono MSi, tingkat literasi yang tinggi akan mendorong kreativitas dan inovasi. Sementara saat ini minat baca masyarakat semakin meningkat.

Dikatakan, kreativitas dan inovasi sangat diperlukan dalam pengembangan potensi lokal Kabupaten Magelang. Sehingga akan menyebabkan proses produksi lebih kompetitif dan efisien serta meningkatkan daya saing, terutama dalam menghadapi tantangan di era industri 4.0.

Hasil inovasi para juara dipamerkan untuk umum di Muntilan selama tiga hari ke depan. Suarabaru.id/Tuhu Prihantoro