blank
Anggota DPRD Kudus saat mengikuti sebuah sesi Orientasi yang digelar untuk peningkatan pemahaman tupoksi. foto:Ist/Suarabaru.id

blankKUDUS – Penyelenggaraan Orientasi tugas Anggota DPRD sangatlah penting karena merupakan cara untuk meningkatkan kualitas Anggota DPRD dalam menjalankan tugas anggota Legislatif.Oleh karenanya, sebanyak 45 orang Anggota DPRD Kabupaten Kudus mengikuti orientasi tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) DPRD di salah satu Hotel di Kota Solo.

Kegiatan yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Sekretariat DPRD Kudus itu akan berlangsung selama 4 hari dimulai Senin (25/11) hingga Kamis (28/11).

Ketua DPRD KudusMasan mengatakan, seluruh anggota dewan yang baru saja dilantik diberikan orientasi ideologi negara dan wawasan kebangsaan. Beberapa materi mencakup pemahaman mengenai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Wawasan Kebangsaan NKRI.

“Orientasi anggota DPRD tertuang dalam aturan Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, serta Permendagri nomor 14 tahun 2018 tentang Perubahan Atas Permendagri nomor 133 tahun 2017 tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD,” kata Masan.

Dia menambahkan, kegiatan ini tidak hanya diikuti DPRD Kudus , namun turut juga diikuti oleh DPRD Kabupaten-Kota tingkat provinsi maupun di seluruh Indonesia.

Orientasi kali ini adalah membekali peserta terkait pengenalan tugas dan fungsi anggota DPRD sebagai unsur penyelenggaran pemerintahan daerah. Selain itu, juga untuk meningkatkan kompetensi, profesionalitas dan integritas para anggota dewan.

Selain itu, ada banyak hal lainnya yang akan dibicarakan diantaranya adalah masalah politik, pemerintahan Indonesia, penyusunan RAPBD dan bagaimana membuat Perda dan lainnya.

“Dalam orientasi ini, para anggota dibekali ilmu pemerintahan, mengenalkan tupoksi dewan sebagai bagian dari pemerintahan. Kemudian meningkatkan semangat pengabdian pada bangsa dan negara, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

blank
Anggota DPRD Kudus berfoto bersama dengan nara sumber di acara Orientasi Pendalaman Tugas. foto:Ist/Suarabaru.id

Narasumber yang mengampu materi dalam Orientasi Pendalaman Tugas berasal dari lembaga pemerintahan dari BPK, BPIP, pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Kemendagri, akademisi dan pakar/ahli di bidangnya.

Sementara itu, Anggota Fraksi Partai Nasdem DPRD Kudus, Muhtamat menyatakan kegiatan Orientasi memiliki manfaat yang cukup besar dalam menunjang kinerja para legislator. Sebagai peserta, Muhtamat mengaku mendapat banyak wawasan baru serta peningkatan pemahaman akan tugas dan pokok fungsinya sebagai wakil rakyat.

“Kegiatan ini sangat bagus membuka wawasan anggota DPRD, setidaknya kami lebih memahami apa tupoksi kami sebagai anggota DPRD Kudus,” tandasnya.

Untuk itu, Sekretaris Komisi D DPRD Kudus  ini berharap, ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dalam acara orientasi anggota DPRD Provinsi dapat diterapkan dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat.

“Sehingga amanat yang diberikan oleh rakyat dapat dipertanggunjawabkan kelak,” tandasnya.

Suarabaru.id/Tm