blank
Personel Babinsa dari Koramil-10 Wuryantoro, Kodim 0728 Wonogiri, tampil membantu pembangunan RTLH milik warga tidak mampu.
WONOGIRI – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda Zaenal Efendi, dari Koramil-08 Giriwoyo Kodim 0728 Wonogiri, peduli membantu pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik warga miskin. Pembangunan RTLH ini, dilakukan bersama para relawan Desa Gedongrejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, pimpinan Trisuko.

RTLH yang dibangun adalah hunian milik Sugeng di RT 2/RW 2, Dusun Gunung Beruk, Desa Gedongrejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri. Disebut sebagai RTLH, karena kondisinya rusak dan pemiliknya tidak berkemampuan untuk memperbaikinya. Hal ini karena secara finansial, Sugeng, tidak memiliki dana untuk memugarnya. Upaya pembangunannya, diprakarsai oleh 10 orang relawan bersama Babinsa dan Kepala Desa (Kades) terpilih, Untung Suharin. Dibangun dalam kerja bakti gotong royong bersama warga dan perangkat desa setempat.

Bhabinkamtibmas:
Sementara itu, Babinsa Sertu Ali Imran dari Koramil-10 Kodim 0728 Wonogiri, dan Bintara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) Brigadir Sutrisno dari Polsek Wuryantoro, melakukan kerja bersama melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) kepada masyarakat Desa Sumnberejo.

blank
Personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, menjalin sinergitas dalam melaksanakan komunikasi sosial dengan masyarakat.


Bagi Babinsa, kegiatan Komsos yang dilakukan tersebut, merupakan salah satu pelaksanaan metode pembinaan teritorial (Binter). Kemudian bagi Bhabinkamtibmas, itu menjadi tindakan untuk pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). Adapun kerja bareng yang dilakukan Babinsa dan Bhabinkamtibmas ini, merupakan cerminan adanya sinergitas kinerja di lapangan yang dilakukan oleh personel TNI bersama insan kepolisian, dalam upaya memberikan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat.

Pada sisi lain, kebersamaan personel militer dan kepolisian yang berada di ujung tombak ini, bertujuan untuk membangun kebersamaan dan kemanunggalan dengan warga masyarakat. ”Melalui kebersamaan Babinsa dengan Bhabinkamtibmas ini, problema yang muncul di masyarakat dapat segera diantisipasi untuk dicarikan solusi jalan kerluarnya,” jelas Babinsa Sertu Ali Imran.

suarabaru.id/Bambang Pur