blank
Dosen Akuntasi Unissula Edy Suprianto mendapat ucapan selamat dari Ketua penguji Prof Drs Sutamo MSc PhD dalam ujian terbuka doktor di UNS (25/11)

SEMARANG – Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi Unissula Edy Suprianto berhasil meraih gelar doktor dari Program Doktor Ilmu Ekonomi dan Bisnis UNS. Ia berhasil mempertahankan desertasinya yang berjudul perjanjian hutang dan manajemen laba pada perusahaan keluarga Indonesia perspektif teori socioemotional wealth (SEW) dalam ujian terbuka (25/11).

“Pengertian SEW adalah nilai efektif yang dipegang oleh keluarga, misalnya seperti nama baik dan kontrol keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SEW menjadi preferensi utama bagi perusahaan keluarga untuk melakukan manajemen laba atau tidak. Perusahaan keluarga harus selalau menjaga nama baik sehingga mereka memiliki  referensi yang sama dalam dalam pengambilan keputusan yang terbaik bagi perusahaan” Ungkap Edy.

Lebih lanjut ia menjelaskan ketika kontrol keluarga dan nama baik keluarga tidak terancam maka perusahaan keluarga cenderung semakin kecil manajemen laba. Namun ketika SEW tersebut terancam atau terjadi kegagalan perjanjian hutang perusahaan keluarga cenderung semakin besar melakukan manajemen laba.

Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa perusahaan keluarga yang mengalami kegagalan perjanjian hutang cenderung memilih menggunakan manajemen laba akrual (penerimaan dan pengeluaran dicatat ketika transaksi bukan ketika uang kas dari transaksi itu diterima) dari pada manajemen laba riil untuk menjaga nama baik keluarga di mata investor. Manajemen laba riil cenderung berpengaruh terhadap arus kas yang akan diterima di masa depan.

Edi menyarankan investor atau calon investor mempertimbangkan kembali jika berinvestasi diperusahaan keluarga yang dikendalikan oleh bukan founder perusahaan. Selain itu untuk kreditur atau perbankan harus lebih melakukan pengawasan yang ketat kepada perusahaan yang gagal dalam perjanjian utang dengan mewajibkan pemilihan auditor yang kompeten.

Promovendus lulus ujian terbuka doktor dengan pujian (cumlaude). Para penguji antara lain Prof Drs Sutamo MSc PhD, Prof Drs Djoko Suhardjanto, MCom (Hons) PhD Ak, Prof Dr Rahmawati MSi Ak, Doddy Setiawan SE MSi IMRI PhD Ak, Dra Y Anni Aryani MProf Acc PhD Ak, Ari Kuncara Widagdo SE MBA PhD Ak, Dr Mutamimah MSi Ak, Abdul Ghofar SE MSi DBA Ak./suarabaru.id