blank
Senam aerobik mengenakan kebaya di arena Car Free Day/Sunday Morning di Sport Center Sanden, untuk mengenalkan Komunitas Perempuan Berkebaya Kota Magelang, (Humas Pemkot Magelang)

MAGELANG – Sepertinya tidak lazim, senam aerobik mengenakan kebaya. Namun, itu terjadi saat puluhan wanita baik remaja, dewasa hingga orang tua  mengikuti senam aerobik di arena Car Free Day/Sunday Morning di  Sport Center Sanden, Kota Magelang, Minggu (24/11).

Hampir semua peserta mengenakan kebaya lengkap dengan kain jarik.  Latarbelakangnya digelarnya kegiatan seperti itu dalam rangka mengenalkan Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia Kota Magelang.

Meski mengenakan kebaya lengkap dengan kain juga memakai sepatu olahraga, mereka tetap dapat bergerak lincah. Dengan semangat mengikuti senam yang dipandu instruktur senam asal Magelang, Yulis. Apalagi di akhir dibagikan sejumlah hadiah menarik untuk peserta.

Ketua Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia Kota Magelang, Wilujeng Isnoniati mengatakan, kegiatan bertajuk ‘Senam Berkebaya’ terlaksana atas inisiatif dirinya dan  beberapa anggota.

Selain mengenalkan komunitas ini, pihaknya juga ingin mengajak para wanita untuk nguri-uri budaya Jawa.

‘’Selain itu, agar warga makin mencintai  budayanya sendiri. Jadi, meski sekarang ini sudah zaman globalisasi, namun tetap saja sebagai bangsa Indonesia terutama hidup di Jawa kita harus tetap melestarikan budaya milik sendiri,’’ kata  Nonik, panggilan akrabnya.

Nonik yang juga direktur CV Baja Persada ini menuturkan,  Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia Kota Magelang  akan rutin mengadakan senam di arena CFD/Sunmor Gor Samapta, sebulan sekali di minggu terakhir.

‘’Saya berharap yang ikut semakin banyak, sehingga kegiatan ini bisa menjadi ajang silaturhami warga Magelang,’’ harapnya.

Koordinator Pengelola CFD/Sunmor Sport Center Sanden Kota Magelang, Fathurrazaq mengutarakan, senam aerobik sudah menjadi agenda rutin setiap kali CFD. Kegiatan itu menjadi daya tarik, sehingga warga berbondong-bondong datang ke area Sport Center Sanden. Selain untuk olahraga, juga belanja.

‘’Kali ini senam berlangsung cukup istimewa, karena para peserta mengenakan kebaya. Untuk bapak-bapak tetap biasa mengenakan kaos dipadu training,’’ tuturnya.

Dia menjelaskan, setiap minggu panitia selalu memberikan kejutan-kejutan kegiatan, sehingga CFD GOR Samapta semakin menarik. Panitia akan terus berusaha menggandeng berbagai pihak agar ada event yang digelar.

‘’Dengan banyaknya event, maka otomatis banyak warga yang berkunjung, sehingga pedagang yang berjualan mendapat  imbasnya. Dagangan mereka menjadi laku,’’ terangnya. (hms)

Editor : Doddy Ardjono