blank
Yeyen Tumena/dok

KUALA LUMPUR – Tim Nasional Indonesia siap tempur melawan tuan rumah Malaysia pada pertandingan lanjutan Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11) malam. Laga kontra Malaysia bagi skuad Garuda wajib menang, karena hingga saat ini belum meraih poin. Asisten Pelatih Timnas Indonesia Yeyen Tumena menyatakan skuadnya dalam kondisi bagus.

Dia menyebut Yanto Basna dan kolega sudah melupakan raihan buruk yang didapatkan pada laga-laga sebelumnya. Yanto Basna dan kawan-kawan siap mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik. “Kami melakukan banyak perbaikan agar tim bisa bangkit dari empat laga dengan hasil kurang maksimal. Partai ini menjadi momentum agar kami meraih kemenangan,” ungkap Yeyen, kemarin.

Jelang melawan Malaysia, Indonesia datang lebih awal ke Negeri Jiran. Pasukan Garuda telah tiba di Kuala Lumpur sejak 12 November. Dengan kondisi seperti ini, tim tamu punya cukup waktu untuk persiapan karena Indonesia datang lebih awal. Selain itu, tim pelatih sudah melihat langsung permainan Malaysia ketika jumpa Thailand.

Yeyen menegaskan Malaysia tim yang bagus. Apalagi mereka baru mengalahkan Thailand dengan skor 2-1. Meski demikian, dia optimistis Basna dan kolega bisa meredam kekuatan Harimau Malaya. “Malaysia bermain dengan sangat simpel. Mereka bermain secara tim. Buat kami, siapa pun pemain yang akan datang ke pertahanan kami itu adalah pemain yang berbahaya. Kami tak mengkhususkan harus menjaga siapa dan segala macam,” jelasnya.

Timnas Indonesia diharapkan dapat meraih hasil maksimal kali ini. Pada pertemuan pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 5 September lalu, skuad Merah-Putih takluk 2-3. Dalam tiga partai berikutnya, Indonesia juga harus mengakui keunggulan lawan. Basna dan kawan-kawan ditundukkan Thailand (0-3), Uni Emirat Arab (0-5), dan Vietnam (1-3). (rr)