blank
Rakor masalah strategis dan aktual, di Aula Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Jl Laut Kendal.(Foto: SB/Agung)

KENDAL – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kendal, Jumat (15/11/19) mengadakan rakor masalah strategis dan aktual, di Aula Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Jl Laut Kendal.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tamu undangan antara lain dari Sektetaris Daerah (Sekda) Kendal,  Forkompinda, tokoh agama, pimpinan gereja, Ormas, LSM dan sejumlah anggota pemadam kebakaran Kabupaten Kendal.

Dalam sambutannya, Sekda Kendal Moh Toha mengatakan bahwa, kepada seluruh OPD agar bekerja lebih fokus melakukan tugas pokok dan fungsinya dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Begitupun juga kepada TNI dan Polri diharapkan bisa memberikan rasa aman kepada masyarakat dan selalu menjalin kerja sama untuk bersinergi dan berperan aktif menjaga situasi kondusif.

“Kami berharap masyarakat yang melaksanakan perayaan Natal nanti, dijamin aman, nyaman dan,” kata Sekda Moh Toha.

Kasubag Binops, Polres Kendal Iptu Suharyanto, pihaknya akan menempatkan petugas di tiap-tiap gereja untuk  pengamanan perayaan Natal mendatang. Polres Kendal juga akan membuat Pos pengamanan (Pospam) di empat gereja besar di wilayah Kendal, yaitu di Kecamatan Boja, Kendal, Weleri dan Sukorejo.

“Pospam hanya ditempatkan di gereja-gereja besar yang jemaatnya lebih dari seribu orang dan pusat kota yang ramai yang kondisinya rawan lalulintas dan kriminalitas,” kata Suharyanto.

Polres Kendal juga siap mengamankan arus lalu lintas pada masa liburan Natal dan Tahun Baru, baik di jalur Pantura maupun jalur tol. Beberapa posko pun akan didirikan di beberapa titik di jalur Pantura dan jalur tol.

Selain itu juga siap mengantisipasi keramaian di tempat-tempat wisata dan malam tahun baru. Antisipasi dilakukan di tempat-tempat keramaian yang rawan kriminalitas, rawan keributan dan rawan teroris.

“Malam pesta tahun baru yang perlu diantisipasi di antaranya pelanggan lalu lintas dan keributan. Untuk jalur Pantura akan didirikan posko di Sumberejo Kaliwungu dan Rejosari Brangsong yang rawan kecelakaan lalulintas,” ujar Suharyanto.

Kasi Kebangsaan dan Kewaspadaan Kesbangpol Kendal, Puji Sumaryono selaku ketua panitia mengatakan, tujuan digelarnya Rakor ini untuk menyamakan visi dan misi dalam mengantisipasi dan menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru mendatang.

“Rakor ini untuk memberikan informasi perkembangan situasi daerah menjelang Natal dan Tahun Baru,” kata puji Sumaryono.(Suarabaru/Agung)