blank

SOLO, SUARABARU.ID – Untuk meminimalisasi penyalahgunaan penggunaan senjata api (senpi) di kalangan kepolisian, Polresta Surakarta menggelar tes kesehatan jiwa (keswa) yang diikuti seluruh jajaran Polresta Surakarta.

Kapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai melalui Kasi Propam Polresta Surakarta, AKP Riyadi mengatakan, tes keswa tersebut dilaksanakan sekitar dua pekan lalu. “Setiap anggota kepolisian yang memegang dan mengajukan izin penggunaan senjata api wajib mengikuti tes keswa ini,” tegas Riyadi kepada wartawan, Kamis (14/11).

Tes Keswa, kata Riyadi, digelar oleh tim Dokkes Polda Jawa Tengah dengan wajib mengisi sekitar 567 pertanyaan psikologis yang dibagikan kepada masing-masing pemohon.

“Dari tes itu, nantinya akan dievaluasi. Jika dinyatakan tidak lulus, maka permohonan untuk memiliki dan menggunakan senpi tidak disetujui,” terang Riyadi.

Sebelumnya, Sie Propam Polresta Solo melakukan penarikan sejumlah senjata api yang dimiliki oleh satuan fungsi Polresta. “Selain dilakukan uji kelayakan, nantinya senjata api jenis pistol revolver itu akan dikembalikan setelah dinyatakan lulus dalam tes Keswa,” sambungnya.

Pihaknya berharap, dengan dilaksanakannya tes tersebut akan meminimalisasi penyalahgunaan senjata api yang dilakukan anggota polisi.

Suarabaru.id/LBC