blank
Lionel Messi/dok

BARCELONA – Pelatih Barcelona Ernesto Valverde kembali memuji megabintangnya, Lionel Messi. La Pulga (Si Kutu) mengukir hattrick saat Barca memukul Celta Vigo 4-1 pada lanjutan LaLiga di Camp Nou, Minggu (10/11) dini hari WIB. Satu gol tim tuan rumah lain dihasilkan Sergio Busquets. Balasan Celta diceploskan Lucas Oalaza.

“Membuat tendangan bebas seperti itu adalah sesuatu yang dia kuasai dengan sempurna,” ujar Valverde. Dia juga sangat senang dengan performa skuadnya. Pelan tapi pasti penyelesaian akhir Messi dan kolega terus membaik. “Saat lawan membuat pelanggaran di dekat gawang, kami akan mengambil keuntungan,” jelas Valverde.

Selain kegarangan Messi, dia menyoroti komitmen sang megabintang terhadap permainan. Ketika La Pulga berada di lapangan, semuanya menjadi mudah. ”Tim tergantung Leo, itu sesuatu yang tak bisa dihindari. Pengaruhnya sungguh luar biasa,” imbuh mantan entrenador Athletic Bilbao ini.

Menurut Valverde, babak pertama berjalan amat berat. Celta menerapkan pressing tinggi yang membuat La Blaugrana kesulitan mengembangkan permainan. ”Kami juga tak mendapatkan ritme yang tepat dalam permainan kami,” tandasnya. Trigol bagi Messi memang sangat berarti. Dia kini mengemas 34 hattrick. Torehan itu menyamai catatan Cristiano Ronaldo sebagai pencetak trigol terbanyak di LaLiga. (rr)