INSPEKTUR UPACARA: Komandan Korem 074/Warastratama, Kolonel Inf Rafael Granada Baay menjadi inspektur upacara memeringati Hari Pahlawan di Lapangan Makorem, Minggu (10/11).(suarabaru.id/lbc)

SOLO, SUARABARU.ID – Komandan Korem 074/Warastratama, Kolonel Inf Rafael Granada Baay, memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan yang diikuti parajurit dan ASN jajaran Korem 074/Warastratama di Lapangan Makorem, Minggu (10/11).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Danrem membacakan amanat dari Mensos RI Juliari P Batubara di depan para parjurit dan ASN yang bertema “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Dalam amanatnya, Mensos mengajak untuk dapat meneladani para pahlawan yang telah gugur memperebut kemerdekaan pada masa penjajahan, karena menurutnya, bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai jasa-jasa pahlawan.

“Tema peringatan Hari Pahlawan 2019 sangat dalam maknanya dan mengandung konsekuensi bahwa selaku generasi penerus bangsa, haruslah mampu untuk bangkitkan semangat berinovasi untuk menjadi pahlawan masa kini,” kata Danrem seperti dalam amanat Mensos.

Lebih lanjut, Mensos mengungkapkan jika untuk menjadi pahlawan tidak hanya dengan mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi juga bisa dilakukan dengan menorehkan prestasi di berbagai bidang.

“Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun oleh pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Marilah kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia baru,” ajak Mensos.

Di akhir amanatnya, Mensos berharap agar peringatan Hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial, tetapi bisa diisi dengan aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme.

“Untuk itulah, saya berpesan agar berbagai tantangan yang dihadapi harus dapat disikapi dengan bijaksana dan mampu berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara, serta merawat dan mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal yang positif,” pungkas Mensos yang dibacakan Danrem.

Suarabaru.id/LBC