blank
Peringatan HKN Ke 55 tingkat Kecamatan Jatiroto, Wonogiri, dimeriahkan senam sehat massal di SMK Negeri 1 Jatiroto. Dalam acara tersebut, juga dilakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan massal secara gratis.

WONOGIRI – Pelayanan gratis pemeriksaan kesehatan secara massal, diberikan oleh tim petugas medis dari Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri. Bakti Sosial (Baksos) Ini, dilaksanakan Jumat (8/11), bersamaan dengan rangkaian kegiatan memeringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 55 tingkat Kecamatan Jatiroto.

Peringatan HKN Tahun 2019 digelar di SMK Negeri 1 Jatiroto. Diawali dengan apel bersama dan diteruskan senam sehat massal bersama. Ikut hadir Cammat Jatiroto Andhika Krisnayana, Danrmil-16 Jatiroto yang diwakili Batuud Peltu Sutarno, Kapolsek Jatiroto Iptu Unggul Tri Wasito, Kepala UPTD Puskesmas Jatiroto, Dokter Agung, Kepala SMK Negeri 1 Jatiroto, Gunarsi.

Dalam kesempatan tersebut, juga hadir para pejabat dari dinas dan instansi tingkat kecamatan, para Kepala Sekolah (Kasek) di Jatiroto, Ketua Korwil UPT Disdik Jatiroto, Nurdiyanto, para.karyawan-karyawati Puskesmas Jatiroto, bersama para guru, karyawan dan murid SMK Negeri I Jatiroto.

Kasek SMK Negeri I Jatiroto, Gunarsi SPd, MPd, menyampaikan ucapan terima kasih terkait kepercayaan yang diberikan ke sekolah, untuk ajang peringatan HKN. ”Kami merasa senang peringatan HKN digelar di SMK Negeri 1 Jatiroto,” ujarnya sembari memohon maaf bila dalam penerimaan banyak kekurangan.

Kata Gunarsi, penyelenggaraan peringatan HKN di sekolah memberikan arti penting, karena kepada para guru, karyawan dan murid, dapat diberikan penyuluhan dan bimbingan tentang perlunya pembudayaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dari pengalaman siswa ketika mencari kerja ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN), banyak yang ditolak karena gagal tes kesehatannya. Pemicunya, karena banyak siswa yang kadar kolesterolnya melebihi ambang aman. Diduga, ini dipicu oleh kesukaan makan gorengan, baik di rumah maupun ketika jajan di sekolah. Juga ada yang tidak lolos tes kesehatan paru-paru, karena dampak dari merokok.

Dalam kesempatan tersebut, disamping memberikan penyuluhan dan pembimbingan tentang kesehatan, Tim UPTD Puskesmas Jatiroto, juga melakukan uji kesehatan secara cuma-cuma kepada para guru, karyawan dan 309 siswa Kelas XII, serta para undangan yang hadir. Yakni meliputi uji kesehatan tentang tensi tekanan darah, kadar kolesterol dan gula darah.

Kepala UPTD Puskesmas Jatiroto, Dokter Agung, menyatakan, peringatan HKN Ke 55 Tahun 2019 mengambil tema ”Generasi Sehat Indonesia Unggul.” Menanggapi keluhan banyak siswa yang gagal tes kesehatan ketika melamar kerja ke BUMN, Dokter Agung menyerukan kepada para siswa untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kesehariannya. Termasuk menjaga pola makan dengan menyertakan sayur dan buah, kemudian berolahraga rutin dan tidak merokok.

Ditambahkan oleh Dokter Agung, pihaknya telah melaksanakan kegiatan uji kesehatan secara gratis bagi masyarakat di lima desa. Yakni meliputi tensi, gol darah, kolesterol, gula darah dan asam urat. ”Semua pelayanan uji kesehatan ini diberikan secara gratis,” tandasnya.

suarabaru.id/Bambang Pur