blank
BERI PENJELASAN : Pembantu Dekan II Fakultas Hukum Unissula Semarang, Dr Arpangi MH menjelaskan persiapan menjelang visitasi akreditasi internasional di kampus Unissula. Foto:Muha

SEMARANG – Sebanyak lima program studi di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang mempersiapkan diri untuk meraih akreditasi internasional Accreditation Service of International School, Colleges & University (ASIC).

Kelima program studi itu ialah Hukum (Fakultas Hukum), Kedokteran (Fakultas Kedokteran), Agama (Fakultas Agama), Bahasa Inggris (FKIP), dan Teknik Sipil (Fakultas Teknik). ASIC merupakan lembaga akreditasi internasional yang berbasis di Inggris.

BACA JUGA : RSU Syubbanul Wathon Berikan Pelayanan kepada Muslim dan Non Muslim

Pembantu Dekan II Fakultas Hukum Unissula Semarang, Dr Arpangi MH menjelaskan, visitasi ASIC akan dilaksanakan pada 24-27 November. Kategori yang bakal dinilai antara lain kelengakapan sarana dan prasarana kuliah, mutu Sumber Daya Manusia (SDM), laboratotium, dan ruang kuliah.
”Kami sekarang sedang menyiapkan sarana dan prasarana khususnya untuk disabilitas. Adapun tenaga dosen yang kami miliki sudah 80 persen bergelar doktor dan 3 guru besar (profesor),” ujarnya.

Dia berharap, setelah 5 program studi terakreditasi internasional, ranking Unissula akan meningkat. Hal ini sesuai harapan Yayasan yang bertekad menjadikan Unissula go international.
”Akreditasi internasional ini akan berdampak pada aspek penjaminan mutu. Hal itu secara tidak langsung akan meningkatkan personal dan performa akademik Unissula,” ungkapnya.

Ia mengatakan, akreditasi nasional dan internasional ini telah memberikan kemegahan akademik bagi Unissula. Maka dari itu, budaya akademik harus menjadi fokus. Unissula akan mengembangkan berbagai kegiatan akademik bertaraf internasional. Misalnya melalui seminar internasional dan penelitian bersama dengan kampus di luar negeri.
”Sudah ada beberapa proposal join research dengan negara lain,”ujarnya.

Suarabaru.id/Muha