blank
UNJUK KETANGKASAN: Anggota Brigan Satpom Lanud Adi Soemarmo saat melaksanakan demo ketangkasan satwa anjing di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Jumat (1/11). (suarabaru.id/dok Pentak Lanud)

KARANGANYAR, SUARABARU.ID Komandan Lanud Adi Soemarmo, Kolonel Pnb Adrian P Damanik memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Polisi Militer Angkatan Udara (POMAU), yang bertempat di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Colomadu, Karanganyar, Jumat (1/11).

Dalam amanatnya, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Yuyu Sutisna, yang dibacakan Komandan Lanud Adrian Damanik mengatakan, bahwa POMAU dalam usianya yang ke-73 tahun, sebagai aparat penegakan hukum di lingkungan TNI Angkatan Udara, para prajurit polisi militer, harus profesional dengan selalu berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan.

Tanpa peran POMAU, tentunya kita juga tidak bisa tenang meninggalkan pangkalan dan alutsista yang kita miliki. Sangat berperan aktif tanpa mengenal lelah dan mengenal waktu. Kita yakin semua aset yang kita miliki sudah dijaga oleh prajurit POMAU yang profesional di bidangnya, ujar Kasau seperti dibacakan Komandan Lanud.

blank

Lebih lanjut Kasau menyampaikan, sebagai bagian integral dari TNI Angkatan Udara, polisi militer harus memahami bahwa bentuk ancaman yang dihadapi pada masa depan tidak akan menjadi lebih mudah, namun semakin kompleks dan unpredictable.

Pada akhir sambutannya, Kasau mengingatkan kepada POMAU, untuk dapat menyiapkan diri dengan sebaik- baiknya, sehingga prosedur penanganan permasalahan pelanggaran wilayah udara tersebut, dapat dipahami dan dikuasai dengan baik oleh personel POMAU.

Kembangkanlah sikap mental yang mampu beradaptasi dan berinovasi, sehingga Polisi Militer Angkatan Udara, senantiasa siap menghadapi berbagai persoalan di bidang hukum yang semakin berkembang di masa depan, tegas Kasau.

Usai upacara dilanjutkan dengan menampilkan demo ketangkasan satwa anjing dari POMAU Lanud Adi Soemarmo. Satwa anjing yang dilatih oleh Satpomau Lanud Adi Soemarmo menunjukkan ketangkasannya melacak barang terlarang.

Hadir dalam upacara tersebut, Komandan Depohar 50 Kolonel Lek Budi R Leman, pejabat Lanud Adi Soemarmo dan Depohar 50, Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 3 Gab II Lanud Adi Soemarmo dan para purnawirawan polisi militer.

Suarabaru.id/LBC