Bagikan
Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Wonosobo mengikuti upacara di halaman Pendapa Bupati setempat. Setiap tahun profesi ASN banyak diperebutkan oleh para pencari kerja. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo membuka 327 formasi penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada akhir tahun 2019 ini. Formasi sebanyak itu terbagi menjadi 166 tenaga pendidik, 85 tenaga kesehatan dan 76 tenaga tehnis lainnya.

Kepala BKD Wonosobo Dr H Prayitno MSi, Kamis (31/10), mengatakan kepastian jumlah formasi penerimaan CASN didapat setelah mendapat persetujuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) belum lama ini.

“Semula Pemkab Wonosobo mengajukan 332 formasi CASN. Namun yang disetujui hanya 327 formasi. Kuota yang disetujui lebih sedikit dari jumlah formasi yang diusulkan. Terkait waktu pendaftaran masih menunggu tehnis pelaksanaan dari Kemen PAN-RB,” katanya.

Dari jumlah 327 formasi, jatah tenaga pendidik lebih banyak dari tenaga kesehatan dan tehnis lainnya. Sebab, di Pemkab Wonosobo kebutuhan untuk tenaga guru di SD maupun SMP termasuk tinggi. Sedang formasi guru SMA/SMK menjadi kewenangan Pemprov Jateng.

Menyinggung masalah waktu dan tehnis pendaftaran, pihaknya belum bisa memastikan karena masih menunggu jadwal yang disusun Kemen PAN-RB. Setelah ada jadwal resmi, Pemkab Wonosobo pun akan segera mengumumkan kepada masyarakat agar tersebar secara luas.

“Setelah ada jadwal resmi dari pusat akan segera diumumkan waktu dan petunjuk teknis pelaksanaan penerimaan CASN di Pemkab Wonosobo. Yang jelas waktu pendaftaran pada akhir tahun 2019 ini. Para pencari kerja bisa mempersiapkan diri dengan baik,” pintanya.

Non-PPPK

Dikatakan Prayitno, formasi CASN tersebut merupakan jalur umum sedangkan Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK) di Pemkab Wonosobo saat ini belum ada. Seleksi CASN yang digelar tahun ini sama dengan seleksi yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya.

“Diperkirakan tahap pendaftaran, tes sistem CAT dan pengumuman kelulusan akan berlangsung hingga tahun 2020 mendatang. Dalam Waktu dekat ini, teknis pelaksanaan pendaftaran CASN akan segera diumumkan secara resmi oleh Pemkab Wonosobo,” sebutnya.

Proses pendaftaran, tes CAT dan pengumuman dipastikan akan berjalan secara transparan. Rekrutmen CASN tahun ini akan bergantung pada kompetisi calon pelamar. Proses penerimanan CASN akan berjalan secara terbuka tanpa ada intrevensi dari pihak manapun.

“Saya menghimbau kepada calon pelamar yang berminat mendaftarkan diri menjadi CASN  agar menyiapakan seluruh persyaratan dan berkas yang diperlukan. Sehingga ketika sudah ada kepastian waktu dan teknis pelaksanaan semua berkas sudah siap,” harapnya.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here