blank
AKREDITASI A: Sertifikat Akreditasi A yang telah diterima dari BAN-PT, selanjutnya diserahkan oleh Dekan Fakultas Hukum Unissula, Prof Dr H Gunarto SH SE Akt MHum (kiri), kepada Ketua Prodi S1 Ilmu Hukum, Kami Hartono SH MH. Foto: riyan

SEMARANG– Dekan Fakultas Hukum Unissula, Prof Dr H Gunarto SH SE Akt MHum mengaku bangga, atas diraihnya Akreditasi A untuk Program Studi S1 Ilmu Hukum, dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Akreditasi prodi merupakan salah satu parameter untuk mengukur sebuah kualitas pendidikan atau jurusan yang diemban. Penilaian akreditasi itu sangat terkait dengan layanan, sarana prasarana, pembelajaran dan faktor-faktor pendukung lainnya.

BACA JUGA : Ikatan Dinas Sejak 2012, Alumni Keperawatan D3 Unissula Langsung Kerja

Alhamdulillah, Prodi S1 Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Unissula, telah empat kali terakreditasi dengan nilai A oleh Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT),” jelas Prof Gunarto dalam keterangannya Kamis (31/10), di sela-sela tasyakuran raihan prestasi ini.

Ditambahkan dia, pada Kamis-Selasa (24-29/10) lalu, BAN PT melakukan visitasi yang diwakili Dr Surya Anoraga SH MH (Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang) dan Dr Yeni Salma Barlinti SH MH (Dosen Fakultas Hukum Universitas Indonesia).

Dari hasil penilaian yang meliputi visi misi, pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat), Dr Surya dan Dr Yeni kemudian memberikan rekomendasi ke BAN PT. Dan akhirnya BAN PT memberikan Akreditasi A untuk Prodi S1 Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unissula.

”Gelar Akreditasi A ini merupakan yang keempat kalinya sejak 2003 lalu, atau istilah dalam sepakbola quattrick, empat kali mencetak gol,” tukas Prof Gunarto dalam paparannya.

Akreditasi Internasional
Sertifikat akreditasi perguruan tinggi ini berlaku
sejak 30 Oktober 2019 sampai dengan 30 Oktober 2024.
Menurutnya, semua prodi yang ada di FH Unissula semuanya telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Program studi itu meliputi S1 Ilmu Hukum, Magister Kenotariatan, Magister Ilmu Hukum, dan Program Doktor Ilmu Hukum.

Di Indonesia sendiri hanya empat FH yang semuanya prodinya terakreditasi A, tiga di antaranya PTN (Undip, UI, Unpad) dan dan satu-satunya PTS adalah FH Unissula.

”Dan dalam waktu dekat ini, atau pada 26-30 pertengahan November, kami akan mengikuti akreditasi internasional, lewat Accreditation Service of International School, Colleges & University (ASIC),” tandas Prof Gunarto.

suarabaru.id/Riyan