blank
Tidak hanya berpatroli dan pengamanan, anggota Polres masuk di salah satu toko emas di Blora dengan memberikan pesan-pesan Kamtibmas pada pemilik toko. (Foto : SB/Hms-Res-Bla).

BLORA – Untuk mengantisipasi aksi perampokan dan tindak kriminal lainnya, Kepolisian Resor (Polres) Blora aktif  pratroli keliling dengan fokus pengamanan  toko emas, dan pusat bisnis, perbankan dan asset vital negara.

“Pengamanan patroli keliling kami intensifkan, karena ini salah satu upaya cegah aksi perampokan dan tindak kriminal,” tandas Kapolres Blora AKBP Antonius Anang, Minggu (27/10/2019).

Dijelaskan Anang, selama ini jajarnnya sudah melakukan patroli rutin, tetapi dengan maraknya aksi perampokan toko emas di berbagai kota-kota akhir-kahir ini, maka patroli lebih diintesifkan.

Untuk keperluan itu, Kapolres Blora mengitruksikan jajarannya sampai di tingkat Kepolisian Sektor (Polsek) di 16 wilayah kecamatan untuk meningkatkan patroli siang malam.

“Patroli kami intensifkan, tidak hanya di kota, tapi di semua Polsek, termasuk  pada Minggu dan hari libur lainnya,” tegasnya di sela-sela menghadiri program car free day (CFD) jalan Pemuda, Kota Blora.

Menurutnya, patroli diprioritaskan pada kawasan pusat bisnis, toko perhiasan, perbankan, dan tempat (asset) vital lainnya.

Patroli di objek-objek yang dianggap rawan ini, sebagai langkah preventif dari aksi kriminal,” tambahnya.

blank
Tim patroli Polres Blora nyambangi salah satu bank berfasilitas ATM yang beroperasi selama 24 jam, sekaligus memberi pesan Kamtibmas pada petugas security. (Foto : SB/ Hms-Res-Bla)

Pesan Kamtibmas

Sebabnya, kata Anang, selain kegiatan patroli di jam-jam rawan sejumlah anggota Polres juga melakukan penjagaan tempat yang dinilai berpontensi menjadi sasaran kejahatan, misalnya toko emas dan bank.

Selain itu, langkah meningkatkan kegiatan patroli rutin ini sebagai bentuk nyata kehadiran anggota Polri ditengah masyarakat, memberi rasa aman, dan melayani masyarakat dengan baik.

Agar patroli berjalan sesuai target, Kapolres Blora minta  kepada seluruh personil yang melaksanakan tugas tidak lupa memberi pesan-pesan keamanan ketertiban masyarkat (Kamtibmas) kepada masyarkat, khususnya pemilik toko emas.

Jika toko emas belum memasang teralis pembatas (keamanan), dimninta agar pemilik bisa memasangnya, sekaligus agar di setiap toko emas dan toko lainya dipasangi unit closed circuit television (CCTV) sebagai sarana pengawasan.

“Toko-toko emas kami harapkan memasang tralis pembatas antara penjual, dan pembeli serta pasang CCTV sebagai tambahan pengawasan,” tambahnya.

Terhadap asset vital negara dan asset penting lainnya, seperti asset Migas, Perhutani, dan asset publik, Kapolres Blora AKBP Antonius Anang memberikan tugas khusus kepada jajarannya untuk pengamanan ekstra.

Suarabaru.id/Wahono