Kabid Cipta Karya DPU Brebes Abdul Majid saat memberi keterangan terkait pelaksanaan proyak di bidangnya.

BREBES – Proyek penyediaan jaringan air bersih di wilayah Kecamatan Tonjong ditarget bisa selesai pada akhir tahun ini. Proyek yang digelontor dari anggaran APBD II senilai Rp 5,5 Miliar itu diperuntukan bagi 100 sambungan baru.

“Saat ini masih dalam pengerjaan, dan dalam waktu dekat ini proyek tersebut selesai,”terang Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Brebes, Abdul Majid, Jumat (25/10). Menurutnya, setelah selesai pengerjaan nantinya program tersebut akan diserahkan ke  PDAM Brebes. Diakuinya, tidak ada kendala selama kegiatan tersebut berlangsung.

Dinasnya, lanjut dia, hanya mengerjakan sambungan dari Resevoir untuk disalurkan ke pelanggan baru. Sedang untuk pekerjaan dari tuk Ulang ke resevoir dilakukan provinsi melalui APBD I. Untuk tahun depan, tambah dia, proyek yang sama juga telah diusulkan untuk pelanggan di Wilayah Bumiayu melalui program IKK. “Untuk tahun depan sudah diusulkan untuk jaringan di wilayah perkotaan Kecamatan Bumiayu,” terangnya.

Menyikapi akan datangnya musim penghujan, sambung dia, saat ini dinasnya sudah melakukan upaya pencegahan disejumlah titik. Yakni dengan melakukan pembenahan terhadap saluran air. Salah satunya di sungai Sigeleng. “Upaya pencegahan sudah kita lakukan. Semoga itu bisa mengurangi dampak banjir saat musim penghujan tiba,” tambah dia.

Meski sebelumnya sudah pernah diusulkan ke provinsi, tandasnya lagi, untuk pembenahan di sungai Sigeleng belum bisa dilakukan hingga ke muara sungai. Ini lantaran keterbatasan anggaran, sehingga kegiatan dipending.

Suarabaru.id/harviyanto

 

 

-->