Bagikan
HASIL RAPAT: Pimpinan sidang Janu Riyanto (kanan), menyerahkan hasil Rakernaslub kepada Ketua Siwo PWI Pusat, Gungde Ariwangsa. Foto: ist/riyan

SEMARANG– Provinsi Jawa Timur akhirnya terpilih secara aklamasi, sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2020, dalam Rakernaslub Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI, yang berakhir Jumat (25/10) di Pulau Tegal Mas, Lampung.

Menurut Ketua Siwo PWI Jateng, Sigit Pramono yang mengikuti Rakernaslub, forum rapat yang diikuti 27 pengurus Siwo dari 35 provinsi ini, mayoritas menghendaki Jatim sebagai pengganti Papua, yang sebelumnya menyatakan tak siap sebagai penyelenggara Porwanas 2020.

BACA JUGA : Bank Jateng Syariah Ajarkan Gemar Menabung Kelola Uang Saku

”Hasil rapat akhirnya memutuskan Jatim sebagai tuan rumah Porwanas 2020. Dan dengan keputusan ini, kami akan segera merapatkan barisan untuk melakukan pendataan atlet lebih detail lagi. Secepatnya juga anggaran yang telah kami susun sebelumnya, akan kita sesuaikan lagi, seiring dengan berpindahnya pelaksanaan Porwanas dari Papua ke Jatim,” kata Sigit, saat dihubungi, Jumat (25/10).

Dia menambahkan, dalam kesempatan itu Siwo PWI Sumsel melalui Ketua Siwo Dante, juga mengajukan diri sebagai tuan rumah, karena mendapat amanah untuk menyampaikan pesan dari Gubernur Sumsel.

Namun menurut Ketua Siwo PWI Pusat, Gungde Ariwangsa, dalam tata tertib Rakernaslub, calon rumah Porwanas sebelumnya harus mengajukan surat permohonan kepada Siwo PWI Pusat dan PWI Pusat.

BERPOSE: Peserta Rakernaslub Siwo PWI 2019 berpose bersama, usai memutuskan Jatim sebagai tuan rumah Porwanas 2020 mendatang. Foto: ist/riyan

Delapan Cabor
Pimpinan sidang Janu Riyanto dari Siwo PWI DI Yogyakarta, juga menyatakan, sesuai Tatib Rakernaslub, penyampaian Sumsel dinyatakan gugur, sehingga hanya Jatim yang layak sebagai tuan rumah Porwanas 2020. Meski begitu, Janu tetap memberikan apresiasi kepada Sumsel, yang meminta waktu untuk menyampaikan paparannya.

Dalam Rakernaslub ini juga menetapkan delapan cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan pada Porwanas, yang dijadwalkan dilaksanakan pada Agustus 2020. Cabor-cabor itu meliputi, atletik, biliar, bulutangkis, catur, futsal, sepakbola, tenis meja, tenis lapangan.

Provinsi terpilih sebagai penyelenggara Porwanas ini juga berencana, menambah dua cabor yakni boling dan bridge, yang akan dibahas lebih lanjut pada Rakernas Siwo PWI di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Februari 2020.

suarabaru.id/Riyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here