blank
Babinsa dari Koramil-13 Pracimantoro Kodim 0728 Wonogiri, melaksanakan droping bantuan air bersih untuk warga Dusun Galih, Desa Joho, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI – Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Desa Joho, Koramil-13 Pracimantoro, Kodim 0728 Wonogiri, Serma Didik dan Serda Samsu, melaksanakan pendampingan droping bantuan air bersih. Bantuan air bersih sebanyak 12 mobil tangki, diberikan oleh dermawan Hernowo, warga dari Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, untuk warga Dusun Galih, Desa, Joho Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

Pendistribusian bantuan air dilakukan Rabu (23/10), masing-masing mobil tangki berkapasitas 6 ribu liter. Bantuan air, sangat diperlukan oleh warga, karena di Dusun Galih tidak ada sumber air. Tandon air di telaga dan bak Penampungan Air Hujan (PAH) di rumah-rumah penduduk, telah lama mengering dan kosong karena tidak turun hujan.

”Masyarakat di sini selama musim kemarau ini, mengalami krisis air,” jelas Kades Joho, Sarpati. Karena itu warga menghaturkan terima kasih, ketika ada pihak-pihak yang peduli memberikan bantuan air. Selama ini, pemenuhan kebutuhan air untuk hidup sehari-hari, tergantung dari pembelian air melalui jasa mobil tangki. Per mobil tangki harganya Rp 160 ribu sampai Rp 170 ribu, tergantung dekat dan jauhnya jarak ke lokasi dusun yang dituju.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrullah melalui Perwira Penerangan Kodim (Pendim) Lettu (Inf) Nurhadi, menyatakan, bantuan air bersih juga diberikan oleh jajaran TNI dari Koramil-07 Tirtomoyo. Dipimpin Danramil-07 Tirtomoyo, Kapten (Inf) Budi Utama, dilakukan bakti sosial (Baksos) pemberian bantuan air bersih untuk membantu warga yang dilanda kekeringan. Bantuan air dari Koramil-07 Tirtomoyo ini, diberikan kepada warga Dusun Kopen, Desa Hargantoro, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, yang mengalami krisis air sejak berlangsungnya musim kemarau ini.

suarabaru.id/Bambang Pur