blank
Sadio Mane/dok

PARIS – Majalah France Football merilis 30 kandidat peraih Ballon d’Or 2019. Liverpool menjadi tim yang paling banyak mengirim wakil. Ada tujuh pemain The Reds yang masuk. Mereka adalah kiper Alisson Becker, bek kanan Trent Alexander-Arnold, bek tengah Virgil van Dijk, gelandang Georginio Wijnaldum, serta trio penyerang, Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah.

Dominasi Si Merah tak lepas dari performa impresif musim lalu. Liverpool sukses menjuarai Liga Champions musim 2018-2019 dan menjadi runner up Liga Primer Inggris. Ketujuh pemain The Kop itu mengepung Cristiano Ronaldo (Juventus) dan Lionel Messi (Barcelona). Keduanya merupakan pemilik lima trofi Ballon d’Or. Banyak pengamat yang menilai wakil Liverpool yang bakal jadi pemenang.

Kandidat lain adalah Antoine Griezmann (Barcelona), Kalidou Koulibaly (Napoli), Joao Felix (Atletico Madrid), Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal), Kylian Mbappe dan Marquinhos (Paris Saint-Germain), Eden Hazard dan Karim Benzema (Real Madrid), Sergio Aguero, Bernardo Silva, Kevin de Bruyne, Riyad Mahrez, dan Raheem Sterling (Manchester City), serta Robert Lewandowski (Bayern Munich). Selain itu, ada Matthijs de Ligt (Juventus), Dusan Tadic dan Donny van de Beek (Ajax Amsterdam), Marc-Andre ter Stegen (Barcelona), Son Heung-min dan Hugo Lloris (Tottenham Hotspur), serta Frenkie de Jong (Barcelona).

Tahun lalu, Ballon d’Or dimenangi Luka Modric. Namun, gelandang Real Madrid dan Kroasia itu kini tak masuk dalam daftar. Penghargaan Ballon d’Or 2019 akan digelar di Theatre du Chatelet Paris, Prancis pada 2 Desember. Di samping peraih Bola Emas, bakal ada penghargaan untuk Women’s Ballon d’Or, Kopa Trophy (pemain U-21 terbaik) dan Yachine Trophy (gelar kiper terbaik). Untuk Yachine Trophy, Alisson Becker kembali diunggulkan. Penjaga gawang Liverpool itu sebelumnya memenangi predikat kiper terbaik Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) dan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). (rr)