blank

SEMARANG – Tiga dosen Prodi S1 Kebidanan Unissula menggelar Pelatihan Manajemen Posyandu Bagi Kader – Kader Posyandu Baru di Kelurahan Kudu Kecamatan Genuk Kota Semarang (19/9)

Mereka adalah Friska Realita, Emi Sutrisminah dan Is Susiloningtyas dengan dibantu beberapa mahasiswa S1 Kebidanan Unissula. Pelatihan juga akan dilanjutkan dengan pendampingan yang dijadwalkan pada bulan Oktober-Nopember 2019.

Materi yang diajarkan dalam pelatihan tersebut meliputi manajemen pengelolaan Posyandu yang tepat, tumbuh kembang bayi balita dan praktik pengisian Kartu Menuju Sehat (KMS) dan Sistem Informasi Posyandu (SIP).

Friska menjelaskan bahwa jumlah kader kesehatan yang mengikuti pelatihan sebanyak 25 kader, yang merupakan perwakilan dari setiap kelompok posyandu di Kelurahan Kudu yang bersedia membagi ilmunya kepada warga lain setelah pelatihan. Ia berharap para peserta pelatihan bisa menerapkan ilmunya di posyandu masing-masing.

Sementara itu Emi Sutrisminah  menambahkan, “Kami mengajarkan cara pengisian KMS dan Sistem Informasi Posyandu (SIP), dengan tujuan kader bisa melakukan sistem pelaporan yang benar sehingga data kesehatan ibu dan anak  selalu siap setiap saat dibutuhkan. Pengisian KMS yang benar akan bermanfaat untuk memantau tumbuh kembang anak – anak yang datang ke posyandu, dan lebih cepat untuk menemukan adanya kelainan pertumbuhan maupun perkembangan, misal stunting dan gizi buruk” Ungkapnya.

Lurah Kelurahan Kudu, Kecamatan Genuk Semarang mengapresiasi kegiatan yang digelar dosen S1 Kebidanan Unissula. Ia optimistis, ilmu yang disampaikan kepada kadernya akan bermanfaat bagi kader dan masyarakat di Kudu dan sekitarnya. Sehingga ibu-ibu kader kesehatan jadi memahami teknik pelaksanaan posyandu yang benar dan tepat./suarabaru.id