blank
Bupati Wonosobo Eko Purnomo SE MM ketika menebar bibit ikan di Waduk Wadaslintang dalam gelaran Festival Naga Air yang digelar Dispartabud dan Pemerintah Desa Erorejo dan Desa Kumejing. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO-Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dipartabud) Wonosobo bekerjasama dengan Pemerintah Desa Erorejo dan Desa Kumejing Kecamatan  Wadaslintang menyelenggarakan event Festival Naga Air bertempat di Kawasan Waduk Wadaslintang.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu program pengembangan potensi pariwisata wilayah Selatan Wonosobo. Berbagai perlombaan memeriahkan festival ini, yakni lomba melukis, dayung perahu naga, memancing, festival bucu pendem dan  bola voli.

Festival Naga Air dibuka Bupati Wonosobo, Eko Purnomo SE MM diawali pembukaan lomba lukis bagi anak-anak sekolah, ditandai penorehan kuas pada kanvas. Hadir dalam kesempatan tersebut jajaran Forkompinda dan Sekda Drs One Andang Wardoyo MSi.

Plt Kepala Dipartabud Eko Yuwono mengatakan ke depan event promosi pariwisata seperti ini akan dilaksanakan secara rutin. Pemilihan tempat acara di kawasan Waduk Wadaslintang guna memperkenalkan potensi wisata air di selatan Wonosobo.

“Sektor pariwisata di daerah Selatan terutama Wadaslintang ternyata tak kalah menarik. Dengan memanfaatkan jalur wisata air Erorejo-Kumejing ini diharapkan bisa mendorong berkembangnya industri pariwisata di Wonosobo Selatan,” cetusnya, Minggu (20/10).

blank
Peserta lomba dayung perahu naga siap diberangkatkan mengarungi perairan Waduk Wadaslintang. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

Pemberdayaan Ekonomi

Bupati Eko Purnomo SE MM mengaku bangga dan sangat mengapresiasi pelaksanaan Festival Naga Air yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke-74 ini. Masyarakat dan semua pihak dapat ikut berperan aktif dalam pemberdayaan ekonomi warga sekitar.

Kawasan Waduk Wadaslintang sebagai tujuan wisata sekaligus daerah konservasi lingkungan perlu terus dijaga kelestariannya. Waduk Wadaslintang merupakan salah satu daerah tujuan wisata potensial di Wonosobo bagian selatan.

“Tingkatkan kualitas infrastruktur jalan pendukung menuju jalur wisata. Gencarkan promosi wisata dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas event serupa. Dengan kualitas infrastruktur yang baik dan aneka event, daerah ini bisa tambah populer,” ungkapnya.

Acara pembukaan Festival Naga Air dilanjutkan dengan penebaran bibit ikan oleh Bupati beserta Forkompinda, Sekda, Plt Kepala Dipartabud dan Camat Wadaslintang sebanyak 10.000 bibit ikan. Ikan diharapkan bisa berkembang biak di Waduk Wadaslintang.

Eko Purnomo juga melakukan pelepasan lomba dayung perahu naga yang diikuti 75 perahu nelayan dan pembukaan lomba memancing yang diikuti 340 peserta. Festival Naga Air ini mampu menyedot penonton dari berbagai daerah di Wonosobo.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka