blank
Gus Mus besok meluncurkan kumpulan puisi "Ayat Pamungkas dari Timur" di Kampung Budaya Unnes, Rabu malam besok. Foto: Ist

SEMARANG– KH A Mustofa Bisri alias Gus Mus akan meluncurkan buku berjudul Ayat Dewa Pamungkas dari Timur pada Rabu (16/10) di Kampung Budaya Fakultas Bahasa dan Seni Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes) Sekaran, Gunung Pati, Semarang.

Peluncuran buku yang merupakan kumpulan puisi karya Gus Mus dan tiga penyair yakni Agoes Dhewa, Beno Siang Pamungkas, dan Timur Sinar Suprabana ini akan dikemas dalam parade bertajuk Malam Syair “Ayat Dewa Pamungkas dari Timur”.

Acara yang berlangsung di Kampung Budaya Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang ini, juga sekaligus dalam rangkaian peringatan Bulan Bahasa 2019. Selain Gus Mus dan tiga penyair tersebut, akan hadir dan tampil sejumlah seniman dan budayawan seperti Sitok Srengenge, Sosiawan Leak, Prie GS, Triyanto Tiwikromo, Harjanto Halim, Benk Mintosih dan Romo Aloysius Budi.

blank

Tak ketinggalan beberapa pejabat dan tokoh juga akan ikut tampil membaca puisi, di antaranya Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, Sekda Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS, dan Komisaris Transmedia Ishadi SK.

“Gus Mus itu tidak hanya Kiai, tapi lebih pada budayawan besar. Jadi ketika beliau punya rencana meluncurkan buku, maka banyak tokoh seniman, budayawan dan pejabat yang ingin menyaksikan bahkan tampil meramaikan”, ungkap Damar Sinuko selaku Panitia Penyelenggara.

Lebih lanjut, Damar menambahkan bila gelaran “Ayat Dewa Pamungkas dari Timur” juga dipersembahkan untuk mengenang Agoes Dewa sudah menghadap Sang Khalik sebelum buku diluncurkan.

“Di acara itu nanti kita ada segmen mengenang almarhum mas Agoes Dewa yang tidak sempat menyaksikan peluncuran buku. Makanya nanti akan ada beberapa sahabat beliau yang akan memberikan testimoni tentang almarhum, dan keluarga almarhum juga akan kita hadirkan”, tambah Damar yang juga jurnalis CNN Indonesia.

Malam Syair “Ayat Dewa Pamungkas dari Timur” akan dimulai pada pukul 19.00 WIB, terbuka untuk umum dan gratis sehingga masyarakat luas dapat ikut menyaksikan.

Suarabaru.id/Tony RS