Bagikan

Symphony Voice Fakultas Hukum Unissula

go to International Concert

 Oleh:

Ira Alia Maerani, Dian Yuli Kusumawati, Ade Irya Al-Amin

 SYMPHONY Voice merupakan wadah untuk mahasiswa Fakultas Hukum Unissula dalam berorganisasi maupun untuk berkreasi di bidang seni yang berdiri sejak tahun 2014. Pada awal dibentuknya Symphony Voice ini hanya diperuntukan untuk mengisi event – event wisuda saja dan acara di dalam Fakultas, akan tetapi pada awal tahun 2018 Symphony Voice mulai berani untuk bersaing di luar kampus UNISSULA dengan mengikuti berbagai macam event lomba.

Hingga pada tanggal 27 April 2018 Symphony Voice pertama kali mengikuti lomba paduan suara tingkat nasional LPS 10 SAPTA GITA JAYA di Universitas Semarang. Pada kegiatan tersebut Symphony Voice mengikuti satu kategori yaitu kategori female dan Alhamdulillah mendapatkan medali perak untuk pertama kalinya.

Kemenangan di luar dugaan ini membuat Symphony Voice semakin percaya diri dan semangat untuk meraih yang terbaik. Dengan mengharap ridho Allah Symphony Voice tertantang untuk mengikuti lomba tingkat nasional.

Selang beberapa bulan berikutnya, tepatnya pada tanggal 8 Oktober 2018 Symphony Voice kembali mengikuti lomba tingkat nasional pada acara FPSGBS III di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Dalam acara tersebut Symphony Voice berhasil mendapatkan medali perak kembali pada kategori lagu rakyat.

Berbagai kendala tak menyurutkan tekad. Menjaga kekompakan menjadi hal yang utama. Keterpaduan dan harmoni nada menjadi irama nan indah merupakan harapan yang diharapkan. Keunikan adalah ciri khas Symphony Voice. Sehingga di setiap momen lomba selalu mengeksploitasi lagu dan busana daerah khas nusantara.

Pada kesempatan tahun ini Symphony Voice akan mengikuti lomba paduan suara tingkat Internasional di Jakarta World Choir Festival pada tanggal 26 Oktober 2019 yang akan diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki. Dalam acara ini Symphony Voice membawa harapan dan ambisi yang kuat untuk memperoleh hasil yang lebih baik tentunya serta dengan semangat untuk membanggakan Fakultas Hukum Unissula.

Latihan Marathon

Untuk mempersiapkan lomba tingkat internasional ini, Symphony Voice telah melakukan latihan selama kurang lebih 5 bulan lamanya. Mahasiswa Fakultas Hukum yang tergabung dalam tim lomba ini mengalami berbagai macam rintangan dalam menjalankan latihan rutin ini. Merelakan masa liburan mereka untuk mengikuti latihan. Tidak pulang ke kampung halaman. Meninggalkan acara-acara keluarga demi mengikuti latihan. Masa suka dan duka pasti ada dalam proses latihan ini. Itu pun demi mendapatkan hasil yang sesuai dengan impian kita semua untuk membanggakan Fakultas Hukum Unissula tentunya.

Dalam mengikuti latihan rutin pun selalu ‘digembleng’ oleh pelatih (coach). Mulai dari pemanasan fisik, hingga hukuman push up apabila kami melakukan kesalahan dalam membunyikan nada. Itu karena pelatih kita mau melatih kami untuk membunyikan nada yang benar sehingga mendapatkan lagu yang bagus.

Selain latihan di kampus, tim lomba juga mengadakan Symphony Training Camp yang bertujuan untuk melatih kekompakan dan mempererat kekeluargaan guna untuk membangun chemistry kami pada saat bernyanyi. Chemistry dalam sebuah tim sangat sangat dibutuhkan agar terciptanya kekompakan dan keindahan dalam sebuah seni. Symphony Training Camp ini diadakan di suatu villa untuk tiga hari dua malam. Dalam kegiatan ini benar-benar sangat menciptakan suatu kekeluargaan diantara kami. Kekompakan, kepedulian satu sama lain sangat terlihat dalam kegiatan ini. Dari yang belum mengenal satu sama lain, di kegiatan ini mulai mengetahui dan mulai saling mengenal satu sama lain.

Penggalangan Dana Usaha

Pendanaan utama dalam kegiatan ini bersumber dari Fakultas Hukum dan dana kemahasiswaan Universitas Islam Sultan Agung ( Unissula) Semarang. Selain itu mahasiswa melakukan penggalangan dana usaha atau sering disebut dengan danus adalah suatu kegiatan yang sering dilakukan dalam sebuah organisasi untuk mendapatkan uang. Di sini Symphony Voice juga sering mengadakan danus, yaitu berjualan baju-baju bekas di depan Stadion Diponegoro setiap minggu pagi. Berjualan SVVIR yaitu ayam suwir rice bowl dan salad buah ala Symphony Voice. Kemudian saat masa Pekan Taaruf di kampus, Symphony Voice juga berjualan jus kepada mahasiswa baru dan teman-teman sekitar kampus. Kegiatan danus ini alhamdulillah sedikit bisa membantu keuangan di Symphony Voice sendiri.

Abimantrana to Jakarta World Choir Festival

Sebelum Symphony Voice berangkat menuju lomba tingkat Internasional di Jakarta World Choir Festival, kami mengadakan suatu konser yang tujuan utamanya yaitu melatih mental sebelum berdiri di panggung Jakarta World Choir Festival ini. Konser ini akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2019 yang bertempat di Aula Wisma Perdamaian Semarang. Konser ini mengusung tema yaitu “ABIMANTRANA” yang berasal dari bahasa Sansekerta Jawa yang memiliki arti Restu dan Berkah.

Sesuai dengan artinya, acara konser ini bertujuan untuk meminta doa restu dari orang tua, bapak dan ibu dosen, teman-teman dan masyarakat Semarang agar perjalanan lomba nanti kita di berikan berkah serta mendapatkan hasil yang kita impikan pada lomba di tingkat Internasional pertama kali ini. Konser ini akan dibuka pada pukul 18.00 WIB dan juga turut mengundang paduan suara lain seperti Voice Of Conservation Unnes dan juga komunitas Paduan Suara Voca Chorista.

Ajang kompetisi Jakarta World Choir Festival ini Symphony Voice mengikuti satu kategori yaitu kategori Folklore / Lagu Rakyat, dimana saingan-saingannya yaitu paduan suara – paduan suara besar lainnya baik dari Indonesia sendiri maupun dari luar negeri. Pada kesempatan kali ini Symphony Voice telah memasuki fase yang lebih tinggi dan persaingan yang lebih berat dan ketat untuk meraih puncak. Maka dengan ini marilah kita senantiasa bersama-sama memberikan dukungan, doa, dan restu agar diberikan kelancaran dalam mengikuti lomba di tingkat internasional ini sebagai salah satu wakil dari Kota Semarang khususnya dari Fakultas Hukum Unissula. (Dr. Ira Alia Maerani, S.H., M.H. (dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA),  Dian Yuli Kusumawati & Ade Irya Al-Amin(mahasiswa Fakultas Hukum UNISSULA Semarang)

Suarabaru.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here