blank
Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras SIK tengah memeriksa pasukan dalam Apel Gelar Pasukan menghadapi Pilkades yang akan berlangsung Rabu (8/10) besok. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO-Guna menghadapi pemilihan kepala desa yang akan dilaksanakan 9 Oktober 2019 mendatang, jajaran Polres Wonosobo melakukan Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolres Wonosobo, Selasa (08/10).

Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras SIK, saat memimpin apel mengatakan bahwa pilkades merupakan penanda utama demokrasi, karena masyarakat diajak untuk ikut serta dalam menentukan pimpinan.

Oleh karena itu, menurutnya, tanggung jawab menjaga keamanan selama Pilkades harus didukung seluruh elemen masyarakat. Warga menggunakan hak pilihnya dengan baik. Panitia Pilkades harus bersikap netral dengan semua calon.

“Karena pilkades ini memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas di masing- masing desa, saya berharap seluruh komponen masyarakat dapat membantu petugas kepolisian maupun TNI untuk mengamankan pelaksanaan Pilkades,” kata Abdul Waras.

Selain dihadiri 250 personel Polres, sejumlah anggota Kodim 0707  dan anggota Satpol PP juga mengikuti Apel Gelar Pasukan. Tak hanya itu, seluruh jajaran Forkompimda dan Camat masing-masing kecamatan yang akan mengadakan Pilkades juga turut hadir.

Lebih lanjut Kapolres mengungkapkan, selain personel Polres dan Kodim 0707 Wonosobo, pengamanan Pilkades juga didukung bantuan pasukan dari Brimob Polda Jateng sebanyak 1 SSK atau 100 personel.

Pihaknya berharap pelaksanaan Pilkades di 40 desa di Wonosobo dapat berjalan dengan aman dan lancar. Pilkades bisa menghasilkan pemimpin yang diharapkan masyarakat dan bisa diterima semua pihak.

Suarabaru.id/Muharno Zarka