blank
Para pemilih tengah memasukan kartu suara dalam kotak suara yang tersedia setelah melakukan pencoblosan Pilketos di SMA Negeri 1 Kertek Wonosobo. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO-Suasana ingar bingar politik tidak saja terjadi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) maupun Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres). Pemilihan Ketua Osis (Pilketos) di beberapa sekolah seperti SMP/MTs dan SMA/MA/SMK pun tak kalah semarak.

Hal itu tergambar pada Pilketos di SMA Negeri 1 Kertek Wonosobo. Dalam pemilihan siswa nomor satu di sekolah tersebut, dilakukan layaknya pelaksanaan Pilkada dan Pilpres, karena Ketua Osis dipilih berasas langsung, umum, bebas dan rahasia (luber).

Pelaksana pemilihan dihandel Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang beranggotakan pengurus osis dan pewakilan siswa kelas X, XII dan XII. Pemilih adalah semua siswa-siswi SMA Negeri 1 Kertek dan perwakilan guru yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DCT).

Tahapan Pilketos dimulai dengan pemutahiran daftar pemilih, pendaftaran bakal calon, penetapan calon, kampanye dengan menyampaikan visi-missi Ketua Osis, pemungutan dan perhitungan suara serta penetapan Ketua Osis SMA Negeri 1 Kertek terpilih.

KPU Pilketos menyiapkan semua logistik pemilihan, seperti daftar pemilih tetap, bilik suara, kartu suara, alat pencoblosan, kotak suara, papan perhitungan suara dan tinta untuk mencelubkan jari yang menandakan pemilih telah menggunakan hak pilihnya.

Ketua KPU Pilketos yang juga Ketua Osis SMA Negeri 1 Kertek periode 2018-2019 Handika Dwi Sepmawan, Kamis (26/9), mengatakan jumlah DPT yang ada 635 namun yang menggunakan hak pilih hanya 593 dan yang tidak menggunakan hak pilih sejumlah 42 siswa.

“Surat suara ada 640, termasuk suara cadangan. Surat suara terpakai 593 dan surat suara tidak terpakai 47. Jumlah suara sah 511 dan suara tidak sah 82. Jumlah suara sah dan tidak sah 593. Alhamdulillah Pilketos berjalan aman, damai dan demokratis,” katanya.

blank
Seorang siswa menunjukan jari bertinta yang menunjukan telah menggunakan hak pilihnya dengan baik. (Foto: SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

Handika menambahkan, calon yang bertarung dalam Pilketos ada 4 yakni Fajrian Ahmad A (XI IPA 2), Chana Safangatur R, Fian Hijriana A dan yakni Maratus Sholekhah (XI IPA 3),  Ke-empat calon wajib melakukan kampanye sebelum dilakukan Pilketos.

“Kampanye berlangsung cukup ramai. Sebab, semua calon mengkampanyekan keunggulan masing-masing untuk memajukan Osis SMA Negeri 1 Kertek. Para pendukung pun meneriakkan yel-yel saat calon yang didukung melakukan orasi,” sebutnya.

Usai dilakukan pemilihan, Maratus Sholekhah mendapat 270 suara, Fajrian Ahmad A meraup 168 suara, Chana Safangatur R dapat 25 suara dan Fian Hijriana A memperoleh 48 suara. Peraih suara terbanyak Maratus Sholeh terpilih menjadi Ketua Osis SMA 1 Negeri Kertek.

Kepala SMA Negeri 1 Sutarja S Pd MSi mengatakan Pilketos dengan asas luber yang dilakukan Osis SMA Negeri 1 Kertek dalam rangka memberikan pembelajaran dan praktik berdemokrasi secara langsung bagi siswa di sekolah.

“Pelaksanaan pesta demokrasi di sekolah melalui Pilketos bisa menjadi pengalaman tersendiri bagi siswa. Mereka tidak saja mendapat pelajaran teori politik dan ketatanegaraan melalui pelajaran PPKN tapi bisa melakukan praktik langsung,” tandasnya.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka