Dari kiri, Ketua DPRD Kudus Masan serta para Wakil Ketua DPRD Kudus H Ilwani, Hj Tri Erna Sulistyowati dan Sulistyo Utomo usai pelantikan. foto: Suarabaru.id

KUDUS – Sekitar sebulan usai dilantik, DPRD Kabupaten Kudus Periode 2019-2024 akhirnya memiliki pimpinan definitif. Empat orang pimpinan DPRD Kudus tersebut resmi dilantik dalam sidang paripurna istimewa, Selasa (24/9) malam.

Pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah janji oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kudus Rudi Fakhrudin Abbas di Gedung DPRD Kudus. Turut hadir dalam pengambilan sumpah itu, Plt Bupati Kudus HM Hartopo, forkompinda, OPD, 38 anggota DPRD Kudus, serta tamu undangan lainnya.

Dalam pengambilan sumpah itu, politisi kawakan asal PDIP Masan kembali didapuk menjadi Ketua DPRD Kudus. Selain nama Masan, ada tiga nama pimpinan DPRD Kudus lainnya sebagai Wakil Ketua DPRD Kudus. Mereka berasal dari parpol peraih kursi terbanyak di Pemilu 2019.

Ketiga nama tersebut adalah Ilwani dari PKB, Erna Sulistyawati dari Partai Golkar, dan Sulistyo Utomo dari Partai Gerinda.

Sekretaris DPRD Kabupaten Kudus Jadmiko Muhardi Setiyanto saat membacakan surat keputusan (SK) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, memutuskan dan menetapkan pimpinan DPRD Kudus periode 2019-2024. Untuk itu, pihaknya meminta pimpinan dewan bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya.

Usai pelantikan, Ketua DPRD Kudus Masan mengaku bersyukur pengambilan sumpah janji pimpinan DPRD Kudus berlangsung dengan lancar. Masan berharap semua pimpinan dewan bisa amanah dan bisa dijalankan tugas dengan baik.

“Sumpah janji berjalan tertib dan lancar. Amanah yang diberikan kepada kami ini semoga bisa dijalankan dengan baik, dan bermanfaat bagi masyarakat Kudus,” tambahnya

Suasana pengambilan sumpah jabatan Pimpinan DPRD Kudus. foto:Suarabaru.id

Disinggung mengenai harapannya selama lima tahun ke depan, Masan mengatakan akan berusaha membawa institusi DPRD Kabupaten Kudus menjadi lebih baik dari sebelumnya. Apalagi, Masan pernah menempati jabatan yang sama pada tahun 2014-2017.

“Yang jelas, saya ingin lembaga DPRD ini bisa menjadi penyambung aspirasi masyarakat. Kami akan selalu berusaha profesional menjalankan tugas kami sesuai tupoksi yakni penganggaran, legislasi dan pengawasan,”tandasnya.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pengambilan sumpah pimpinan DPRD Kudus. Ia berharap sumpah janji ini untuk menjadikan komitmen bersama.

“Pertama saya secara pribadi dan pemerintah mengucapkan selamat atas pengambilan sumpah para pimpinan DPRD Kudus masa keanggotaan 2019-2024,” ungkapnya.

Ia mengatakan, sesuai dengan undang-undang nomor 17 tahun 2014 yang diubah dalam nomor 2 tahun 2018 tentang DPRD Kudus, menjelaskan bahwa DPRD Kudus memiliki fungsi anggaran dan pengawasan. “Di sini ada integritas pemkab dan DPRD Kudus,” lanjutnya.

Oleh karena itu, Hartopo mengatakan agar pemkab dengan DPRD Kudus tidak ada yang namanya adu domba. Apalagi memunculkan konflik pribadi dan konflik secara umum.

“Semangat tersebut melalui tanggung jawab moral dan tanggung jawab kita semua. Harus mampu untuk bekerja sama antara kita sekalianya,” katanya.

Tentunya, Hartopo untuk saling sinergitas antara pemkab dengan DPRD Kudus yakni dengan saling menjaga kemitraan. Sehingga berlangsung dengan kondusif.

“Dan juga adanya perbaikan yang dikehendaki bersama untuk saling sinergitas antara pemkab dengan DPRD Kudus,” ungkapnya.

Suarabaru.id/adv