blank
Lionel Messi/dok

MILAN – Meski tak difavoritkan, Lionel Messi akhirnya terpilih sebagai Pemain Terbaik 2019 pilihan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Mega bintang Barcelona ini menyabet penghargaan itu dalam seremoni di Teatro Alla Scala, Milan, Selasa (24/9) dini hari WIB. Messi hadir bersama istrinya, Antonella Rocuzzo, plus dua putranya, Thiago dan Mateo. Anak ketiganya, Ciro, tak ikut dibawa ke panggung. “Buat saya, penghargaan-penghargaan individu itu nomor dua, penghargaan kolektif adalah yang utama,” ungkap Messi.

Dalam voting yang melibatkan para pelatih tim nasional dan kapten dari berbagai negara, penyerang asal Argentina ini mengungguli Virgil van Dijk (Liverpool) dan Cristiano Ronaldo (Juventus). Pada musim lalu, Messi membantu Barca mempertahankan gelar Liga Spanyol, juga mengantar Argentina finis ketiga di Copa America 2019. Secara individu, La Pulga (Si Kutu) tampil 58 kali dan mencetak 54 gol. Dia pun berhak atas Sepatu Emas Eropa. Bagi Messi (32), ini untuk kali pertama memenangi penghargaan Pemain Terbaik FIFA. Dalam tiga tahun terakhir sejak kali pertama diberikan, penghargaan ini dimenangi Cristiano Ronaldo (dua kali) dan Luka Modric.

Ini juga menjadi penghargaan individu besar pertama yang dimenangi Messi sejak 2015. Ballon d’Or 2015 merupakan penghargaan individu besar terakhir yang diraihnya. “Ada mereka di sini menikmati acara ini sangat tak ternilai, karena mereka menyukai sepak bola dan mereka menyaksikan semua orang di sekitar mereka dengan malu-malu,” tutur Messi mengenai kehadiran istri dan anak-anaknya.

Sementara itu, Virgil van Dijk mengaku tidak kecewa kendati gagal menjadi Pemain Terbaik Dunia versi FIFA. Dia menegaskan dirinya tak bisa dibandingkan dengan Messi. “Orang-orang yang melakukan voting membuat sebuah keputusan, dan Anda harus menerimanya,” ujar Van Dijk. Pemain belakang berkebangsaan Belanda itu tetap bangga dengan apa yang diperolehnya. Dia juga senang sekali masuk dalam skuad terbaik pilihan FIFA. (rr)