blank
Ketua Umum Pengprov Pernani Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko (tengah berkaos sport hitam variatif) di tengah suasana kompak dan semangat atlet panahan Jateng. (Foto : SB/Wahono)

JAKARTA  – Pemanah Jateng siap turun di ajang Prakualifikasi  PON XX yang digelar di Lapangan Panahan Senayan Jakarta, dengan mengawali sesi latihan resmi dan pengecekan alat (practice day), Minggu (22/9/2019).

Di Jakarta, para pemanah terbaik dari Jawa Tengah dipimpin magajer tim Martin Sudarmono, bertekat bisa membidik 18 dari 138 kuota (tiket) PON XX yang akan digeber di Papua tahun depan (2020).

“Mohon doa dan dukungan masyarakat Jateng, semoga atlet kami bisa meraih kuota maksimal untuk PON XX,” harap Ketua Umum Pengprov Perpani Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko.

blank
Atlet panahan Jateng melakukan persiapan (pemanasan) sebelum turun di sesi practice day, Minggu (22/9/2019). (Foto : SB/Wahono)

Sujarwanto ikut hadir langsung di Jakarta, selain mengecek kesiapan timnya, juga untuk memompa semangat dan motivasi 26 pemanah yang mulai turun di babak kualifikasi, Senin (23/9/2019).

Agenda Kejuaraan Nasional Panahan Babak Kualifikasi PON XX/2020 yang akan berlangsung hingga Minggu (29/9/2019), melombakan tiga divisi, masing-masing Fita Compound, Fita Recurve dan Nasional putra-putri.

Terpisah Pelatih Kepala Tim Pra PON Perpani Jateng, Permadi Sandra Wibowo, mengaku persaingan berebut kuota PON XX memang sangat ketat, namun para pemanahnya optimis dan semangat mempu merebut kuota maksimal.

Wild Card

Kuota 138 yang jadi bidikan pemanah dari berbagai provinsi di Indonesia, terdiri Divisi Fita Recurve putri (19 kuota), Fita Compound putri (19 kuota), Divisi Nasional putri (23 kuota).

Divisi Fita Recurve putra (19 kuota), Fita Compound putra (19 kuota), Divisi Nasional putra (23 kuota) dan wild card untuk tim inti Sea Games 2019 (8 kuota), sehingga masing-masing divisi terdapat 48 kuota, dan totalnya 138 kuota.

blank
Pemanah Jateng mengikuti upacara pembukaan Kejuaraan Nasional Panahan Babak Kualifikasi PON XX/2020 di Lapangan Panahan Senayan, Jakarta, Minggu (22/9/2019). (Foto : SB/Wahono)

Sebelum turun ke Pra PON, para pemanah masuk program Pelatda terpusat di Semarang selama lebih dari empat bulan, bahkan sempat sekali menjalani tryout bersama atlet pemanah Pra PON Jabar.

Banyak manfaat bisa dipetik dari program tryout yang digelar di Lapangan Panahan Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, terutama atlet yang mayoritas masih usia muda (pelajar) makin kompak dan percaya diri (PD).

Selain atlet makin PD, tim Jateng bisa menjajaki kekuatan tim Jabar yang sama-sama akan saling berebut kuota (tiket) PON XX yang digelar di Jakarta sebanyak mungkin.

Perlu diketahui, PON XIX/Jabar pemanah Jateng berhasil membidik 17 dari 18 tiket maksimal untuk satu provinsi, masing-masing dari Divisi Nasional enam tiket, Fita Compound enam tiket, Fita Recurve lima tiket.

Suarabaru.id/Wahono