Bagikan

SEMARANG – Qur’an Learning Center (QLC) Unissula menyelenggarakan Training of Trainers (TOT) untuk para tutor baru angkatan 2019-2020 yang dilaksanakan di kampus Kaligawe (7/9/2019). Wakil Rektor III Muhammad Qomaruddin ST MSc PhD mengharapkan para peserta pelatihan dapat mampu mendorong para mahasiswa Unissula untuk menguasai kompetensi baca tulis Alqur’an.

Sementara kepala Qur’an Learning Center Hidayatus Sholihah SPdI MPd dalam sambutannya menyatakan beberapa tujuan mengapa TOT bagi tutor baru diadakan. Ia mengungkapkan bahwa: “TOT ini diselenggarakan salah satunya ialah untuk memberikan bekal kepada para calon tutor  terpilih berupa skills atau keterampilan tentang bagaimana mengajar bimbingan tutorial Al-Qur’an dengan metode Qiroati serta bagaimana strategi dalam pembelajaran Al-Qur’an dan bahasa Arab” disamping juga ada bekal wawasan bagaimana menjadi pengajar Al-Qur’an dimasa Rosullulloh SAW” Ungkapnmya.

Para calon tutor peserta TOT ini sebelumnya dipilih berdasarkan berbagai tahap seleksi ujian yakni ujian tertulis baca tulis Al-Qur’an, Ujian lisan serta interview komitmen kedepan dalam mengajar. Dari 450 mahasiswa semester 3 dan 5 yang mendaftar (Tutor minimal kuliah di semester 3 dan maksimal di semester 5), hanya terpilih 170 tutors baru.

Untuk memenuhi jumlah rasio mahasiswa baru peserta tutorial berjumlah sekitar 2700 mahasiswa, untuk itu dibutuhkan 270 tutor dengan rasio, satu tutor banding 10  peserta tutorial. Jumlah ini bisa terpenuhi karena ada 100 tutor lama yang masih sangat semangat dalam mengajar dan memiliki record yang bagus dalam mengajar yang memperpanjang masa mengajarnya sebagai tutor. Mereka diminta komitmen ulang ketika ingin bergabung menjadi tutor kembali. Dengan demkian total tutor baru ditambah tutor lama sejumlah 270 tutor sesuai dengan rasio mahasiswa baru saat ini.

Ada 270 peserta yang hadir, mahasiswa calon tutor berjumlah 55, sedangkan mayoritas calon tutor didominasi oleh mahasiswi yakni sejumlah 215. Tutor ini berasal dari berbagai fakultas di Unissula. Dengan perincian sebagai berikut: Tutor yang berasal dari Fakultas Ilmu Keperawatan ada 23, Kedokteran ada 24, Kedokteran gigi, Teknik dan dan Teknologi Industri masing – masing 10 tutor  FKIP: 27, FBIK: 20 sementara jumlah tutor terbanyak ialah berasal dari Fakultas Ekonomi (FE) yakni 40 tutor dan Fakultas Agama Islam (FAI) 77 tutor.

“Harapannya kegiatan ini dapat menjadikan para tutor menjadi lebih siap dalam menyambut dan mengajar adek tingkatnya agar bagus dalam mengikuti perkuliahan PAI dan dalam belajar baca tulis Alqur’an dan bahasa Arab./suarabaru.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here