blank
Marc-Andre ter Stegen/dok

DORTMUND – Kiper Marc-Andre ter Stegen menyelamatkan satu poin untuk Barcelona selepas sukses menahan tuan rumah Borussia Dortmund 0-0 dalam laga pertama Liga Champions Grup F di Signal Iduna Park, Rabu (18/9) dini hari WIB. Selain mementahkan penalti, Ter Stegen juga menggagalkan empat tembakan on target Die Borussen. Dortmund memang lebih mendominasi. Wakil Jerman ini punya 13 tembakan dengan empat mengarah ke gawang. Sementara Barca melepaskan tujuh tembakan dan hanya satu yang tepat sasaran.

Semua tembakan Die Borussen yang mengarah ke gawang berasal dari Reus. Tembakan ke gawang pertamanya pada babak pertama saat bola sepakannya dari jarak dekat digagalkan kaki Ter Stegen. Tembakan kedua Reus berasal dari titik penalti pada menit ke-57. Peluang emas itu kembali digagalkan penjaga gawang nomor dua Jerman ini. Pada menit ke-77, Reus melepaskan dua tembakan beruntun dari jarak dekat. Sayang, dua upayanya ditepis Ter Stegen.

“Orang-orang tahu apa yang saya mampu. Saya hanya ingin berkonsentrasi sepenuhnya pada pekerjaan ini, dan tampil 100 persen,” ujar Ter Stegen. Untuk La Blaugrana, satu tembakan tepat target berasal dari kaki Luis Suarez. Itu terjadi pada awal paruh kedua. Pelatih Barca Ernesto Valverde menilai Dortmund sangat berbahaya. Serangan balik mereka benar-benar menyulitkan. Mantan entrenador Athletic Bilbao ini menyatakan puas dengan kembalinya Lionel Messi. Meski belum mencetak gol, dia senang La Pulga bisa bermain lagi untuk Los Cules. Pelatih Dortmund Lucien Favre mengaku puas dengan hasil tanpa gol. Menurut dia, skuadnya tidak beruntung sehingga gagal mencetak gol. (rr)