blank
Selaku pimpinan PMI Cabang Wonogiri, Suprapto (kiri), menyerahkan piagam penghargaan dan hadiah cincin emas kepada Agus Suharyanto yang telah lebih 100 kali mendonorkan darahnya.

WONOGIRI – Meski telah lebih 100 kali melakukan donor darah, tapi badan tetap sehat dan bugar. Demikian diungkapkan oleh Agus Suharyanto (51), warga Perum Siwani RT 2/RW 8, Dusun Ngaliyan, Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Agus, bapak dari dua anak, Selasa (17/9), diundang mengikuti upacara HUT Ke 74 PMI yang digelar di halaman Markas PMI Cabang Wonogiri. Upacara diikuti oleh segenap pengurus PMI Cabang Wonogiri, para petugas dari Unit Donor Darah (UDD) Wonogiri, para relawan kemanusiaan dan personel Palang Merah Remaja (PMR).

Tampil menjadi pembina upacara, Mantan Sekda Wonogiri Ir Suprapto MM yang aktif menjadi Pengurus PMI Cabang Wonogiri dengan jabatan Wakil Ketua. Kepada Agus, yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 101 kali, diberikan piagam penghargaan dan cincin emas. ”Saya mulai menjadi donor darah tetap secara rutin sejak Tahun 1989,” ujar Agus yang berprofesi sebagai wisaswasta. Jejak Agus menjadi pendonor tetap dan rutin, kini diikuti oleh anak sulungnya, yakni Muhamad Taufik, yang sekarang bekerja di Bekasi, Jabar.

Dokter Heri Susanto dari UDD PMI Wonogiri, menyatakan, donor darah dapat rutin dilakukan setiap 3 bulan sekali. Memberikan keterangan dengan didampingi Humas PMI Wonogiri, Trianto Heri Suryono, lebih lanjut Heri menyebutkan, di Kabupaten Wonogiri ada sekitar 10 orang yang telah mendonorkan darahnya lebih dari 100 kali. Mereka ikut diundang dalam upacara peringatan HUT Ke 74 PMI di halaman Markas PMI Cabang Wonogiri.

Dokter Ambyoko, Pimpinan Puskesmas Purwantoro 2, misalnya, telah 128 kali mendonorkan darahnya. Guru SMA Negeri 1 Jatisrono, Drs Tarmanto MPd, telah mendonorkan darahnya sebanyak 107 kali. Kentut Suharsono, telah mendonorkan darahnya sebnyak 115 kali. ”Saya telah terbiasa donor darah sejak dari SMA dulu sekitar Tahun 1985,” ujar Kentut. Para pendonor darah lebih 100 kali ini, menyatakan, rela memberikan darah secara rutin demi kemanusiaan, yakni untuk membantu sesama yang membutuhkan tambahan darah demi penyelamatan nyawanya.

HUT Ke 74 PMI di Wonogiri, ungkap Dokter Heri Susanto, dimeriahkan lomba masak yang diikuti oleh para karyawan dan relawan kemanusiaan. Juga diadakan bakti sosial (Baksos) donor darah massal, dengan hasil sebanyak 300 kantong. Olahraga jalan sehat massal, dengan mengundang bintang film Murtisari Dewi yang pernah memerankan tokoh silat Lasmini dalam film Saur Sepuh. Pengurus juga mengadakan malam tirakatan serta pembagian hadiah.(suarabaru.id/Bambang Pur)