blank
Kepala Diskominfo Jawa Tengah Riena Retnaningrum SH menggunting pita menandai dibukanya pameran layanan publik yang diikuti OPD dan stakeholder terkait. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO-Pemkab Wonosobo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menghelat acara “Gelar Informasi Daerah (GID)” di Gedung Sasana Adipura Kencana, setempat, selama dua hari, mulai Selasa (17/9) hingga Rabu (18/9).
GID dibuka Bupati Eko Purnomo SE MM dan dihadiri Wakil Bupati Ir H Agus Subagiyo MSi, Kepala Diskominfo Jateng Riena Ratnaningrum SH, Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Jateng Drs Sosiawan dan Wakil Sekretaris Forum LPPL Jateng Rita Triana.

Selain diramaikan pameran layanan publik bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Wonosobo dan steakholder yang lain, GID juga ditandai dengan launching Wonosobo Elektronik Broadcasting TV (WEB TV) yang dikelola Diskominfo setempat.

blank
Bupati Wonosobo Eko Purnomo SE MM ketika melaunching WEB TV di sela-sela Gelar Informasi Daerah (GID) di halaman Gedung Sasana Adipura Kencana setempat. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

Eko Purnomo juga sempat mengenakan ID Card kepada salah satu crew WEB TV. Launching dilakukan dengan cara membuka tirai yang menutup layar android. Melalui WEB TV bisa menayangkan kegiatan Pemkab Wonosobo dan mengabarkan informasi terkini.

WEB TV diluncurkan guna memberi pelayanan informasi kepada publik yang bisa diakses melalui internet, aplikasi layanan berbasis mobile (android) dan dashboard smart city. Siapa pun bisa menikmati layanan informasi seputar Wonosobo melalui WEB TV.

Usai launching WEB TV, Kepala Diskominfo Jateng Riena Retnaningrum melakukan pengguntingan pita menandai dibukanya pameran layanan informasi publik yang diikuti beberapa OPD dan steakholder terkait di dalam Gedung Sasana Adipura Kencana.

Guna meramaikan event GID, beberapa Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Mitra) yang ada di beberapa di desa di 15 Kecamatan juga membuka stand kuliner dan hasil karya kerajinan tangan.

Siaran Langsung

Kepala Diskominfo Jateng Riena Retnaningrum dan Komisiner KIP Sosiawan didampingi Wakil Bupati H Agus Subagiyo serta Kepala Diskominfo Wonosobo berkeliling ke stand informasi publik dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Wonosobo.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Diskominfo Provinsi Jateng ditemani Drs Sosiawan dan Rita Triana (Wakil Sekretaris LPPL Jawa Tengah) melakukan siaran langsung di stand Forum Komunikasi Lembaga Penyiaran (FKLP) Wonosobo dan mengabarkan kegiatan GID.

blank
Kepala Diskominfo Provinsi Jateng ditemani Ketua Komisi Informasi Jateng Drs Sosiawan dan Rita Triana (Wakil Sekretaris LPPL Jawa Tengah) melakukan siaran langsung di stan Forum Komunikasi Lembaga Penyiaran (FKLP) Wonosobo. Foto: Muharno

Riena Retnaningrum SH mengatakan beberapa waktu lalu Pemprop Jawa Tengah telah mencanangkan Propinsi Cerdas (smart province) sehingga selaras dengan program smart city (kota cerdas) yang tengah di kembangkan di Wonosobo.

“Pemkab Wonosobo saya minta selalu berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Tengah dalam mengembangkan beragam aplikasi dan single data terkait pelayanan informasi publik agar validitas informasi terjaga dan pelayanan jadi terpadu,” katanya.

Eko Purnomo mengatakan melalui WEB TV masyarakat Wonosobo bisa mendapatkan informasi tentang kegiatan Pemkab Wonosobo, potensi daerah yang ada dan kejadian aktual lainnya. WEB TV akan selalu menginfomasikan kegiatan terkini dan menayangkan potensi daerah.

“Peluncuran WEB TV ini dalam rangka memberi pelayanan informasi kepada publik. Pemkab Wonosobo melalui Diskominfo juga telah membentuk Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Mitra) dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM),” katanya.

Bupati Wonosobo berharap ke depan pelayanan publik di daerah yang dipimpinya akan semakin baik. Diskominfo dan steakholder yang lain harus terus melakukan inovasi-inovasi untuk kemudahan dan kelancaran pelayanan informasi publik.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka