blank
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito (kiri) menyerahkan cinderamata kepada Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Dudung Abdurachman, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG- Pemkot Magelang akan membangun ‘Monumen Taruna’ di lahan pohon jati yang berlokasi di perbatasan Kota dan Kabupaten Magelang, Jalan Mayjen Bambang Soegeng. Pembangunan patung itu  menyusul terjadinya kesepakatan antara Akademi Militer (Akmil) dengan Pemkot Magelang, terkait penataan lahan kosong yang menjadi aset Akmil tersebut.

Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan, monumen itu berbentuk sosok Penata Rama yang merupakan pimpinan drum band Caka Lokananta Akmil.

‘’Taman depan Artos itu belum jadi taman, masih pohon jati. Nah, nanti akan dibuatkan Pemkot Magelang, ada ikonnya Penata Rama sedang memegang stik di tangan kiri dan tangan kanan memberi hormat, sebagai ikonnya Kota Magelang. Jadi, orang tahu Magelang itu berarti Akademi Militer,’’ kata Dudung, saat memberi sambutan pada latihan tenis bersama di Lapangan Tenis Indoor Armada, Magelang, Jumat (13/9).

Keinginan membuat patung ikon Kota Magelang ini, lanjut Dudung, sebenarnya bukan pertama kali muncul. Sebelumnya, Angkatan 91 AKABRI juga punya rencana yang sama.
‘’Tapi waktu itu saya usul, karena kurang tepat. Kalau alumni itu mending berkontribusi saja untuk Akademi Militer. Lantas saya berpikir, kenapa tidak sinergi saja dengan Pemkot Magelang. Akhirnya tercetus ide ini, sehingga ke depan kalau orang dari arah Jogja masuk ke Kota Magelang, akan melihat patung ini terlebih dahulu,’’ ujarnya.

Dia menerangkan, bahwa soal lahan yang kini tertanam pohon jati atau yang akrab disebut masyarakat sebagai segitiga Akmil itu bukan hanya milik Akademi Militer saja. Melainkan milik negara yang bisa dipergunakan untuk kepentingan masyarakat.
‘’Aset ini kan milik bersama. Kita nggak boleh egois atau berpikir sentralistik, seakan-akan itu punya kita. Ya, lebih baik dimanfaatkan untuk kepentingan bersama,’’ tegasnya.

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito menanggapi gembira soal rencana pembangunan patung ikonik di gerbang masuk Kota Sejuta Bunga itu. Pemkot akan mengalokasikan dana Rp 3-4 miliar dari APBD untuk pembangun taman sekaligus patung Taruna Akademi Militer.

‘’Aset ini punyanya Akmil, tapi jadi luar biasa kalau menjadi ikonnya Kota Magelang. Tentu saja akan membuat sinergitas antara Pemkot Magelang dengan Akmil terus terbangun sampai kapanpun,’’ tuturnya.

Sigit menyebut peran Akademi Militer selama ini sudah cukup besar dalam berkontribusi terhadap kenaikan ekonomi kerakyatan.

Dia mengaku, sering mendapat curhatan warga ketika Akmil menggelar acara, yang paling diuntungkan adalah para pedagang, jasa perhotelan, dan masyarakat Kota Magelang pada umumnya.

‘’Termasuk saat reuni akbar Akmil. Hampir warung-warung, jajanan, kulineran, masyarakat saya itu bersyukur sekali, karena dagangannya selalu habis. Ya, kalau bisa usul, nanti jangan hanya sekali setahun lah, tapi setahun bisa empat kali reuni, kan masyarakat seneng itu,’’ pintanya. (hms)

Editor : Doddy Ardjono