blank
Peraih juara 1 lomba bercerita mendapat hadiah dari Kepala SMP Negeri 1 Kertek Ellna Amperawati S Pd M Pd. (Foto: SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO-Dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional 2019, SMP Negeri 1 Kertek Wonosobo menggelar lomba bercerita bagi siswa-siswi yang mewakili setiap kelas di komplek sekolah setempat. Setiap kelas mengirim satu peserta putra dan putri.

Kepala SMP Negeri 1 Kertek Ellna Amperawati S Pd MPd mengatakan lomba diikuti 46 peserta. Lomba berlangsung mulai jam 09.00 WIB dan baru selesai pukul 15.00 WIB. Lomba bercerita merupakan kegiatan rutin sebagai implementasi program literasi di sekolah.

“Melalui program literasi di sekolah, siswa diwajibkan membiasakan budaya membaca, baik di perpustakaan, maupun di sela-sela kegiatan belajar mengajar. Dari kebiasaan membaca buku, siswa diharapkan punya banyak referensi untuk bercerita,” katanya.

Siswa yang punya kemampuan bercerita (story telling) yang baik, imbuhnya, dipastikan memiliki referensi bacaan buku yang banyak. Karena materi bercerita sebagian besar diambil dari bacaan di buku meski ada juga cerita berlatar belakang kejadian nyata.

“Dalam lomba bercerita kali ini, diambil juara 1-3. Selain itu, juga juara favorit dan penonton terbaik. Juara 1 putra dan putri akan dinobatkan sebagai Raja dan Ratu Literasi SMP Negeri 1 Kertek. Keduanya juga dinyatakan sebagai duta baca,” sebutnya.

Guna menentukan peserta favorit, setiap peserta yang tampil akan dinilai oleh siswa yang menonton  dengan cara memberikan gambar bintang untuk dimasukan dalam kotak tersedia. Peserta yang mendapat bintang terbanyak keluar sebagai pencerita terfavorit.

blank
Salah satu peserta lomba bercerita saat tampil di hadapan penonton. (Foto: SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

Penonton Terbaik

“Sementara untuk menentukan penonton terbaik, ada beberapa kriteria. Penonton wajib membuat rangkuman dari seluruh peserta lomba yang terdiri dari nomor undi, judul cerita dan pesan moral yang disampaikan. Rangkuman harus ditulis dengan rapi,” katanya.

Penonton yang telah membuat rangkuman, katanya, wajib mengikuti presentasi di depan dewan yuri yang terdiri Dwi Astuti SPd, Widyastuti SS MPd dan Bunga SPd. Dewan yuri akan merangkum nilai presentasi untuk menentukan penonton terbaik.

Dari hasil penilaian, juara 1-3 lomba bercerita putra,  yakni Fabyan Bagastya (VII A), Fiswandi Adista (VII B) dan Rayhan Syahdana (IX H). Juara 1-3 putri Elin Fadia Nanda (VII D), Wowod Rohayati (IX F) dan Navisha Galuh Kisima (IX H).

“Fabyan Bagastya dan Elin Fadia Nanda ditetapkan sebagai Raja dan Ratu Literasi SMP Negeri 1 Kertek. Sebagai Duta Baca keduanya punya tanggungjawab untuk mengkampanyekan budaya membaca di kalangan siswa-siswi lainnya,” ujar Ellna.

Peserta terfavorit diraih Brilianti Ulin (VII C) dengan perolehan 755 bintang. Sedang penonton terbaik direbut Dea Ramadhani (VIII B). Peserta terfavorit merupakan penampil terbaik berdasarkan penilaian penonton dan pononton terbaik peraih nilai tertinggi.

“Juara I mendapatkan Samir Raja dan  Ratu Literasi, mahkota, buku dan buket bunga. Juara II dan III memperoleh hadiah buku. Penonton terbaik dan peserta terfavorit mendapat hadiah buku dan buket makanan ringan.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka