blank
Ansu Fati/dok

BARCELONA – Ansu Fati, winger Barcelona, belum berhenti membuat sensasi. Pemain sayap 16 tahun itu sudah mencetak dua gol dari tiga laga perdananya di Liga Primera Spanyol (LaLiga) musim 2019-2020. Fati menjadi starter untuk kali pertama ketika Barca mengalahkan Valencia 5-2 di Camp Nou, Minggu (15/9) dini hari WIB. Dia membuka gol La Blaugrana lalu memberi assist kepada Frenkie de Jong.

Catatan itu membuat Fati telah mengemas dua gol dari tiga partai pertamanya. Gol perdana dia lesakkan ke gawang Osasuna pada pekan kedua. Hasil itu membuat Fati melewati pencapaian Lionel Messi. Messi butuh 13 pertandingan untuk membuat dua gol pertamanya buat Barca. Selain gol Fati dan De Jong, Luis Suarez menyumbang dua dan Gerard Pique satu gol. Balasan tim tamu diceploskan Kevin Gameiro dan Maxi Gomez. Ini merupakan laga pertama Valencia di bawah pelatih baru Albert Celades.

Performa Fati membuat pelatih Ernesto Valverde terpesona. Dia menilai apa yang dilakukan pemain asal Guinea-Bissau itu tidaklah normal. “Menjadi pemain Barcelona tidak mudah, tapi dia bisa fokus dan oke,” ujar Valverde. ”Tak normal untuk mencetak gol dengan sentuhan pertama, lantas memberi assist pada sentuhan kedua, dan hampir mencetak gol lagi dengan sentuhan yang ketiga,” tambahnya. Valverde ingin membantu Fati pada level ini. Sang entrenador juga bertekad membawa pemain muda itu tampil konsisten. (rr)