blank
Neymar Junior/dok

PARIS – Upaya Barcelona untuk menarik kembali Neymar Junior dari Paris Saint-Germain (PSG) akhirnya gagal total. Hingga bursa transfer musim panas ditutup pada Selasa (3/9) dini hari WIB, utusan Barca pulang dengan tangan kosong. Berbagai tawaran sudah diajukan, tapi semua ditolak manajemen Les Parisiens.

Klub Catalan berulang kali mengajukan proposal. Nilainya pun tidak main-main. Dengan strategi tukar tambah, valuasi penawaran La Blaugrana hingga di atas 200 juta euro. Paling tidak ada empat pemain yang coba disodorkan sebagai pelengkap atas sejumlah dana transfer yang disiapkan. Ivan Rakitic yang paling sering disebut, lalu ada Nelson Semedo, Ousmane Dembele, dan Samuel Umtiti. Sayang, semua upaya itu ditolak.

Dengan kegagalan mendatangkan Neymar, Los Cules kini mengandalkan penyerang baru Antoine Griezmann untuk bahu-membahu dengan Lionel Messi dan Luis Suarez. Sejauh ini performa Griezmann hanya bagus ketika main di Camp Nou. Dalam laga tandang, penampilannya belum sesuai harapan.

Setelah memaksa Neymar bertahan, PSG sukses merekrut Mauro Icardi. Striker Inter Milan itu diambil dengan status pinjaman. Icardi (26) dipinjam untuk musim 2019-2020 dengan opsi pembelian yang kabarnya mencapai 70 juta euro (sekitar Rp 1,08 triliun). Sebelum hengkang, penyerang asal Argentina ini ditendang pelatih Antonio Conte. (rr)