blank
Brigpol Moh Sodig bersama isterinya saat menunjukkan mobil pribadi mereka yang diubah menjadi ambulan untuk melayani masyarakat kurang mampu di wilayah binaannya. (Foto: Hana Eswe/dok).

GROBOGAN – Berbeda dengan anggota Bhabinkamtibmas lainnya, Brigpol Moh Sodig mempunyai cara tersendiri dalam melayani masyarakat binaannya di Desa Jumo, Kecamatan Kedungjati.

Lulusan Dikmata Airud angkatan 24 SPN Pondok Dayung Jakarta ini merelakan mobil pribadi satu-satunya diubah fungsi menjadi ambulan. Program mulia ini ditujukan ayah tiga anak tersebut dalam melaksanakan tugasnya.

Dalam kesehariannya, Moh Shodig menyambangi warga binaannya yang sedang sakit. Utamanya, mereka yang berasal dari kalangan menengah ke bawah.

Dijelaskan Moh Sodig, kerelaannya mengubah mobil pribadi menjadi ambulan ini dimulai dari rasa trenyuh saat melihayt warga binaannya yang kesulitan saat sakit atau tertimpa musibah.

Dengan kemantapan hati didukung istrinya yang bertugas sebagai perawat di Puskesmas Gubug, Brigpol Moh Sodig akhirnya mengubah mobil Xenia warna silver ini menjadi ambulan.

“Jarak tempuh dari Desa Jumo ke rumah sakit cukup jauh dan tidak sebanding dengan kondisi perekonomian warganya yang tergolong menengah ke bawah. Mayoritas mereka ini berprofesi sebagai petani dan buruh,” ujar Sodig.

Sodig menambahkan, tidak hanya warga Desa Jumo yang mendapatkan layanan ini. Warga Desa Ngambakrejo juga dilayaninya. Terutama di bidang kesehatan.

Sodig memaparkan, warga dapat memanfaatkan mobil ambulan ini secara gratis atau tidak dipungut biaya sepeser pun.

“Untuk biaya operasional mobil ambulan ini, saya harus menyisihkan sebagian gaji bulanan yang saya terima,” ujar Sodig.

Tidak jarang gaji yang diterimanya ini habis terpakai untuk membiayai masyarakat yang hendak berobat.

Bahkan, bagi warga kurang mampu harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dengan cara difasilitasinya baik di Puskesmas, rumah sakit maupun rumah pribadi warga.

“Intinya, masyarakat binaan saya.sehat, saya juga ikut senang,” ungkap Moh Sodig.

suarabaru.id/Hana Eswe.