blank
Sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Blora masa jabatan 2019-2024 diambil sumpah di hadapan ketua PN Blora, Agustinus Asgari Mandaladewa dan sekiyar 1.000 undangan. (Foto : SB/Wahono)

BLORA – Sebanyak 45 wakil rakyat Kabupaten Blora, Selasa (27/8/2019), mengucapkan sumpah dan janji di ruang paripurna gedung DPRD setempat, berlangsung tertib dan lancar.

Dari jumlah wakil rakyat tersebut, 20 wajah lama, dan 25 orang wajah-wajah baru, bahkan di antaranya mantan Ketua DPRD Blora dua periode, HM. Warsit (Hanura).

Mengenakan pakaian jas baru dan berdasi, dengan kompak dan khitmad, mereka berjanji akan mengedepankan kepetingan rakyat dari pada kepentingan kelompok atau golongan.

Pengucapan sumpah/janji anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) masa keanggotaan 2019-2024, berlangsung aman dan lancar dengan pengamanan ketat jajaran Polres, dengan sterilisasi kompleks gedung dewan.

Pengucapan sumpah janji, dipimpin Ketua Pengadilan Negeri (PN) Blora, Agustinus Asgari Mandaladewa.

Acara dipimpin oleh Ketua DPRD 2014-2019 H. Bambang Susilo (Partai Demokrat) dumulai pada pukul 13:15 WIB, dan ditutup oleh Ketua (sementara) HM. Dasum (PDI Perjuangan), berakhir pukul 14.35 WIB.

Hadir Bupati H Djoko Nugroho, Wakil Bupati H Arief Rohman, keduanya bersama isteri, forum komunikasi pimpinan daerah (Fokominda), Sekda Komang Gede Irawadi, dan anggota KPU dan Bawaslu.

Hadir juga para kepala organisasi perangkat daerah (OPD), para camat, lurah, kades se-Blora, organisasi kemasyarakatan (ormas) serta undangan lainnya.

blank
Para pimpinan Dewan saat memimpin jalannya sidang.(Foto: sb/wahono)

Siang Hari

Berbeda dengan prosesi sebelumnya, jika acara paripurna pengucapan sumpah-janji anggota DPRD digelar pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB, untuk kali ini dihelat siang hari pukul 12.30 WIB.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPRD, H. Bambang Susilo, menjelaksan rapat pleno pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD 2019-2024 digelar siang hari, usai pembukaan Jambore Dearah (Jamda) XV Pramuka Kwarda Jawa Tengah.

Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Blora, Achmad Husain, menjelaskan ke 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dari 10 partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019.

Husain memerinci, PDI Perjuangan sembilan kursi, PKB depalan kursi, NasDem tujuh kursi, Golkar lima kursi, PPP lima kursi, PD tiga kursi, PKS tiga kursi, Gerindra dua kursi, Hanura dua kursi dan Perindo satu kursi.

Diperoleh informasi, 45 wakil rakyat Blora lima tahun ke depan terdapat 25 orang wajah baru, dan 20 orang lagi wajah lama (anggota lama).

Sebanyak 25 anggota dewan wajah baru tersebut, beberapa di antaranya sudah menjabat periode 2014-2019 yang mengundurkan diri, antara lain nyalon wakil bupati, dan loncat pagar bergabung ke Parpol lain. Usai pelantikan mereka menerima ucapan selamat dari para hadirin.

Suarabaru.id/Wahono